Simulasi Bisnis Virtual Pada SMK Budi Mulia

Pipin Farida Ariyani, Titin Fatimah, Atik Ariesta

Sari


Kegiatan pelatihan pengenalan dan eksplorasi sebuah perusahaan dengan simulasi bisnis virtual melalui game Enterprise Resource Planning (ERP) bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman proses bisnis kepada siswa SMK Budi Mulia. Dengan memanfaatkan game simulasi MonsoonSIM dalam membangun dan mengelola sebuah perusahaan virtual, siswa akan belajar mengenai proses bisnis perusahaan. Kegiatan ini diikuti oleh 18 orang peserta yang terdiri dari siswa SMK Budi Mulia dari Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Peserta dibagi menjadi 4 tim, dimana dalam permainan, setiap tim merupakan perusahaan virtual yang bersaing memperebutkan pasar dengan perputaran waktu virtual. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode workshop dalam bentuk tutorial, simulasi dan praktik, diskusi, dan evaluasi untuk mengetahui tingkat penyerapan materi pelatihan yang diberikan.

Kata Kunci: ERP, simulasi, game, MonsoonSIM


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2019). Berita Resmi Statistik. http://www.bps.go.id [diakses tanggal 31 Oktober 2019]

Canta, D.S. (2018). Implementasi Game Simulasi Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Semester 1 Kelas XI SMK Bina Prestasi Balikpapan. Jurnal Sistem Informasi Vol.1 No.2.

Findawati, Y., Suprianto, Sumarmi, W. (2015). Game Simulasi Wirausaha Berbasis Model Pembelajaran Eksperiensial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran di SMK Kelas XI. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol.2 No.1.

Jonathan, L.Y., dan Laik, M.N. (2019). Using Experimental Learning Theory to Improve Teaching and Learning in Higher Education. European Journal of Social Science Education and Research Vol.6 No.1.

Monsoon Academy. (2011). What is MonsoonSIM. http://www.monsoonsim.com [diakses tanggal 7 Agustus 2019]

Sakti, D.V.S.Y., Waluyo, S., Fajarita, L., Ferdiansyah, Juanita, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pelajar pada SMK Telkom Jakarta dalam Perencanaan dan Pengembangan Bisnis melalui Pelatihan Simulasi Bisnis Menggunakan Aplikasi MonsoonSIM. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNISBANK.

Yatim, S.M., Goh, C.F., Mohamad, R.Z. (2018). Factors Influencing Use of Monsoonsim Business Simulation by UTM Undergraduate Students. International Journal of Learning and Development Vol.8 No.2.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6812

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6812.g4188

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License