Pemanfaatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Guna Meningkatkan Hasil Penghimpunan Dana Organisasi Nirlaba Lembaga Amil Zakat (LAZ) Solo Peduli-Surakarta

Erwin Kartinawati, Andrik Purwasito

Sari


Sebagai organisasi nirlaba, Yayasan Solo Peduli Ummat memunyai visi percontohan dalam memberdayakan dan memandirikan umat, dengan misi kemanusiaan, seperti menghadirkan program solutif untuk masyarakat miskin. Salah satu aksi organisasi ini adalah penghimpunan dana dari masyarakat, yang ditangani oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ). Dana terhimpun, digunakan untuk membantu masyarakat tertimpa musibah, seperti orang sakit, korban banjir, pengungsi bencana alam, pembangunan dan biaya sekolah gratis bagi masyarakat miskin, klinik kesehatan dan ambulans gratis, dan lain sebagainya. Di era milenial ini, LAZ Solo Peduli ingin melakukan transformasi digital agar target-target lembaga dapat tercapai secara optimal. Guna membantu tercapainya tujuan ini, kami melakukan pelatihan videografi dalam bentuk Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Pelatihan ini diarahkan untuk meningkatkan kompetensi para insan di Yayasan Solo Peduli, khususnya di LAZ, agar menguasai teknologi informasi dalam bentuk pembuatan dan penerbitan videografi, khususnya video untuk promosi dan penghimpunan dana dari masyarakat. Pelatihan ini memiliki output mencetak video-maker dalam bidang ILM, khususnya teoritisasi ILM, take camera, editing and uploading video.

Metode pelatihan dilakukan beberapa tahap: (1) Tahap teoritisasi; (2) FGD gagasan pembuatan konten; (3) Penggunaan kamera dan pengambilan gambar; (4). Editing produk audio visual; (5). Evaluasi; (6). mengunggah video di media sosial. Hasilnya, para insan Solo Peduli mampu membuat ILM sendiri, sehingga memunyai kemampuan untuk mempromosikan lembaga sosial tersebut dengan standar digital memadai. Memunyai kemampuan membuat videografi untuk berbagai kepentingan, khususnya program penghimpunan dana yang memang dibutuhkan untuk disalurkan ke masyarakat membutuhkan, juga menjadi hasil dari kegiatan ini.

Kata kunci : Solo Peduli, videografi, ILM, penghimpunan dana, Promosi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dendy; Sukma Bharata, Addy. 2010. Ayo Bikin Iklan: Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Durianto, Darmaji; Widjaja Sugiarto, dkk. 2003. Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta : Gramedia.

Green, Jen. 2012. Advertising. NY : The Rosen Publishing Group.

Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-dasar Periklanan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kasali, Renald. 1993. Manajemen Periklanan. Jakarta : Grafiti.

Moriarty, Sandra; Mitchell, Nancy; Wells, William (terj. Tri Wibowo). 2010. Advertising. Jakarta : Prenada Kencana.

Raum, Elizabeth. 2015. Let's Think about the Power of Advertising. London : Raintree

Sardar, Ziauddin; Van Loon, Borin. 2008. Membongkar Kuasa Media. Magelang : Resist Book.

Shimp, 2010. Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. USA : Cengage Learning.

Suwardi, Purnama. 2006. Seputar Bisnis dan Produksi Siaran Televisi. TVRI Sumbar.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.5566

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.5566.g3759

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License