Service Excellent Untuk Meningkatkan Fungsi Public Relations Hotel Java Retro & Suites

Reza Rizkina Taufik, Mahardiansyah Suhadi, Titin Suhartini, Sukatno Krisbianto

Sari


Fungsi Public Relations salah satunya adalah menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kebijakan, rencana program dan aktivitas organisasi yang terkait dengan kepentingan umum. Untuk mencapai publik yang luas dan berada di banyak tempat, maka kerjasama dengan media massa menjadi penting. Media relations adalah sebagai upaya meningkatkan kerjasama saling menguntungkan antara Public Relations dengan media massa. Kerjasama di antara keduanya tidak hanya dalam berbagai bentuk hubungan yang terjalin secara langsung tatap muka, tetapi Public Relations dapat memanfaatkan service excellent dalam menjalin media relations. Menjadi tantangan tersendiri bagi Public Relations untuk dapat mengelola media internet atau Cyber PR, manfaatnya publik dapat mengakses dengan mudah berbagai informasi yang dibutuhkan, begitupun Public Relations perusahaan  dapat memanfaatkan service excellent. Media massa/Pers melalui internet corporate akan mendapatkan kemudahan memperoleh informasi secara cepat, tepat, dan terpercaya karena bersumber langsung dari Public Relations nya. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini tim abdimas mengangkat judul “Service Excellent Untuk Meningkatkan Fungsi Public realtions Hotel Java Retro & Suites”.  Teknik pengumpulan data melalui dua cara, yaitu Penelitian Kepustakaan dan Penelitian Lapangan. Alat pengumpul data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa service excellent yang dilakukan oleh Hotel Java Retro & Suites masih perlu ditingkatkan lagi.

Kata kunci : Public Relations, Media Relations, Service Excellent


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adrianto, S. S. (2002). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ardianto, E. (2007). Komunikasi Massa:Suatu Pengantar Intuisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Dennis L Wilcox, d. (2006). Public relations. Jakarta: Interaksa.x.

Effendy, O. U. (1992). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Holmes, D. (2005). Communication Theory Media, Technology, Society. Communication Theory. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, Ltd.

Iriantara, Y. (2005). Media Relations:Konsep Pendekatan dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Iriantara, Y., & Surachman, A. Y. (2006). Public Relations Writing. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Scot M Cutlip, A. H. (2009). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2015). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5085

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5085.g2983

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License