Manfaat Internet Corporate sebagai Media Relations Hotel Java Retro & Suites

Rita Herlina, Eli Susana, Nela Widiastuti, Rani Rahmayani

Sari


Abstrak

Salah satu fungsi praktisi Public Relations adalah menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kebijakan, rencana program dan aktivitas organisasi yang terkait dengan kepentingan umum. Untuk mencapai publik yang luas dan berada di banyak tempat, maka kerjasama dengan media massa menjadi penting. Media relations adalah sebagai upaya meningkatkan kerjasama saling menguntungkan antara Public Relations dengan media massa. Kerjasama di antara keduanya tidak hanya dalam berbagai bentuk hubungan yang terjalin secara langsung tatap muka, tetapi Public Relations dapat memanfaatkan internet corporate dalam menjalin media relations. Menjadi tantangan tersendiri bagi Public Relations untuk dapat mengelola media internet atau Cyber PR, manfaatnya publik dapat mengakses dengan mudah berbagai informasi yang dibutuhkan, begitupun Public Relations perusahaan  dapat memanfaatkan internet corporate untuk berbagai publikasi. Media massa/Pers melalui internet corporate akan mendapatkan kemudahan memperoleh informasi secara cepat, tepat, dan terpercaya karena bersumber langsung dari Public Relations nya. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini tim abdimas mengangkat judul “Manfaat Internet Corporate Sebagai Media Relations Hotel Java Retro & Suites”.  Teknik pengumpulan data melalui dua cara, yaitu Penelitian Kepustakaan dan Penelitian Lapangan. Alat pengumpul data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan internet corporate sebagai media relations yang dilakukan oleh Hotel Java Retro & Suites masih perlu diperbaiki lagi.

Kata kunci : Public Relations, Media Relations, Internet Corporate

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adrianto, S. S. (2002). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ardianto, E. (2007). Komunikasi Massa:Suatu Pengantar Intuisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Dennis L Wilcox, d. (2006). Public relations. Jakarta: Interaksa.x.

Effendy, O. U. (1992). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Holmes, D. (2005). Communication Theory Media, Technology, Society. Communication Theory. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, Ltd.

Iriantara, Y. (2005). Media Relations:Konsep Pendekatan dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Iriantara, Y., & Surachman, A. Y. (2006). Public Relations Writing. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Scot M Cutlip, A. H. (2009). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2015). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

https://pelatihanhumas.com/penggunaan-dan-manfaat-internet-dalam-kegiatan-public-relations/




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4917

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4917.g2940

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License