PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) CALIEF MELALUI IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN

Yulia Sariwaty, Dini Rahmawati, Femi Oktaviani, Ali Amran

Sari


Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, merupakan kegiatan lanjutan dalam upaya meningkatkan pangsa pasar penjualan produk industri usaha kreatif yang bergerak dalam bidang pembuatan produk interior rumah. Memperkenalkan produk kepada khalayak merupakan bagian dari strategi komunikasi pemasaran terpadu. Pemanfaatan media online, brosur, banner dalam promosi jenis produk, model produk hingga diskon penjualan, seringkali menjadi sarana media pemasaran yang efisien bagi UMKM dengan marketing low budget. CALIEF sebagai salah satu UMKM yang mengkhususkan dalam produksi produk rumah tangga, khususnya pembuatan dan penjualan karpet, bantal, kasur, lemari, sofa dan kitchen set. Selama ini, pemasaran produk CALIEF hanya dilakukan berdasarkan pemesanan dari konsumen perorangan, designer interior atau toko yang telah mengenal pemilik UMKM. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam dua bentuk bentuk yaitu pelatihan pembuatan brosur dan banner, termasuk pemanfaatan media online sebagai sarana pemasaran produk. Serta penyuluhan tujuannya agar pengusaha lebih memahami konsep dan pengaplikasian komunikasi pemasaran dalam kegiatan usaha. Selanjutnya, pendampingan diberikan agar penyerapan dan perubahan sikap menjadi lebih optimal.

Kata Kunci: Komunikasi, Pemasaran, Terpadu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.

Shimp, A Terence. 2000. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid I. Alih BAhasa: Revyani Sharial. Jakarta:Erlangga.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4607

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4607.g3000

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License