PENINGKATAN KUALITAS SDM DENGAN PEMANFAATAN IPTEK MELALUI PELATIHAN KOMPUTER DASAR DAN INTERNET PADA ANGGOTA POLSEK KEDUNGBANTENG

Primandani Arsi, Sulis waningsih, Aldi Setia Pambudi, Wawa Maisa

Sari


Pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menuntut lembaga kepolisian untuk selalu menyesuaikan perkembangan tersebut. Untuk meningkatkan mutu SDM (Sumber Daya Manusia) di Lembaga Kepolisian diperlukan personil yang memiliki kemampuan memadai dengan tuntutan perkembangan yang ada sekarang ini. Tugas polisi yang selalu bersinggungan langsung dengan masyarakat, dituntut untuk lebih cepat tanggap dalam hal pelayanan dan pelaporan berbasiskan teknologi informasi, oleh karena itulah diperlukan polisi yang berkualitas. Berbagai upaya dilakukan oleh lembaga kepolisian baik tingkat resort maupun tingkat sektor untuk meningkatkan kualitas polisi di bidang teknologi informasi. Namun upaya yang dilakukan tersebut belum dapat menjangkau seluruh polisi yang ada. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka peningkatan kualitas SDM  dengan pemanfaatan teknologi perlu dilakukan pada polisi yang ada untuk membantu polisi mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pelayanan masyarakat yang berbasiskan teknologi informasi. Pelatihan komputer dasar dan internet bertujuan untuk mengembangkan situasi pelayanan yang lebih baik, membimbing polisi yang masih mengalami kesulitan menggunakan perangkat teknologi informasi agar menjadi polisi yang berkualitas. Dari hasil evaluasi kegiatan pelatihan disimpulkan bahwa pelatihan yang dilakukan mampu meningkatkan kemampuan peserta.

Kata Kunci: Iptek, SDM, polisi


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.4244

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.4244.g3281

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License