Penggunaan Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Kamampuan Kosakata Bahasa Inggris Pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega Sains Institut

Myta Widyastuti, Hermariyanti Kusumadewi

Sari


Pendidikan mempunyai peran penting dalam kehidupan, khususnya dalam mempelajari bahasa asing yang dianggap sering kali membosankan. Tidak dapat dipungkiri pendidikan terpengaruholehkemajuan Teknologi, banyak manfaat dari teknologi yang dapat digunakan.Sebagai contoh, dengan mudahnya akses internet guru ataupun tenaga pengajar melalui internet, materi tersebut dapat dengan mudah mencari materi pendukung pengajaran melalui internet, materi tersebut dapat berupa artikel online, dll.Penggunaan media pembelajaran sangat mempengaruhi hasil dari tujuan pembelajaran.Karena para guru tidak perlu merasa kesulitan memahami dan khususnya melatih kosakata (vocabulary), yang sering kali menjadikendalanya adalah para guru, kurang memiliki waktu khusus dalam melatih kemampuan kosakata mereka.Banyak media pembelajaran disekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, dengan kemajuan Informasi dan Teknologi sekarang ini, sebagai contoh dengan aplikasi smartphone Duolingo.Aplikasi ini sengaja mengusung konsep “bermain sambil belajar” agar terasa lebih menyenangkan, dan mudah digunakan oleh semua kalangan umur.Aplikasi ini dapat dibuat sendiri untuk mendukung kegiatan pembelajaran sesuai topik harian, dandapat mempermudah kita khususnya para praktisi pendidikan, untuk melatih kemampuan bahasa Ingris dalam hal tes kosakata (vocabulary).Tujuan diadakannya pelatihan pemanfaatan media storyboards (Duolingo) ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para guru bahasa Inggris. Sehingga nantinya jika kompetensi mereka menigkat, otomatis kemampuan mengajar mereka dikelas pun meningkat. Pada akhirnya akan tercipta suasan kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif khususnya bagi siswa dalam memahami bahasa Inggris.

Kata Kunci: Aplikasi Duolingo; Kosakata; Bahasa Inggris.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Suaib, S. (2015, September).pengertian-media-dan-media-pembelajaran.Diunduh dari http://su28he12rm19an90.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-media-dan-media-pembelajaran.html?m=1.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3899

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3899.g2487

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License