Inovasi Digital Untuk PKK Kelurahan Babakan Dengan Pelatihan Microsoft Word

Ahmad Jurnaidi Wahidin, Elin Panca Saputra, Kudiantoro Widianto, Endah Eka Setiawati

Sari


Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia, terutama dalam dunia kerja. Pengetahuan dalam menggunakan program pengolah kata, khususnya Microsoft Word sangat penting untuk kesuksesan di dunia kerja. Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di masyarakat merupakan kekuatan utama, tujuan PKK adalah memperkuat komunitas di tingkat rukun tetangga melalui berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Menggunakan metode pembelajaran service learning (SL) yang efektif dalam menerapkan ilmu akademik di masyarakat digunakan pada edukasi kepada pengurus dan anggota PKK Kelurahan Babakan. Materi disampaikan dengan metode ceramah, demonstrasi dan praktik langsung sehingga peserta dapat dengan mudah memahami materinya. Edukasi Microsoft Word untuk PKK Kelurahan Babakan dilakukan dan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kompetensi di antara para peserta, hasil kuesioner peserta menunjukan peserta sangat puas dengan skor rata-rata 4,35. Temuan menunjukkan bahwa kegiatan berhasil dilaksanakan, namun merekomendasikan pelatihan lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman  penggunaan aplikasi Microsoft Word dalam kasus lain.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (1st ed.). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.

Endayani, T. B., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1). https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Haq, F. A. S. N., & Asmar, K. (2022). Pelatihan Penggunaan Microsoft Word dalam Membuat Media Pembelajaran. Jurnal Masyarakat Siber (JMS), 1(1), 27–32. https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jms/article/view/46

Herlina, H. (2019). Fungsi Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (pkk) dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan di desa maasawah kecamatan cimerak kabupaten pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(2), 201–212. http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v5i2.2410

Microsoft. (2023). Microsoft Word. Microsoft.Com. https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/word

Nawindah, N., Fajarita, L., & Ujiandari, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Melalui Pelatihan Penggunaan Microsoft Word. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 12–18. https://doi.org/10.34306/adimas.v2i2.527

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Wahidin, A. J., Pattiasina, T., Akbar, D. D., Budiyono, P., Informasi, S. T., Komputer, F. I., Bina, U., Informatika, S., Informasi, S. S., & Komputer, F. I. (2021). Pelatihan E-Commerce dan Membuat Toko Online Pada Asrama Yatim dan Dhuafa Al Alif 165. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasio, 1(1), 38–45. http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13746




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i2.20570

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i2.20570.g6530

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License