Penggunaan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Kerja di Lingkungan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Paguyangan

Putri Mentari Endraswari, Nurhaeka Tou, Umar Faruq Vista

Sari


Pengelolaan dokumen di lingkungan taman kanak-kanak (TK) sebagian besar dilakukan secara manual. Tentu hal tersebut sangat rawan dengan adanya human error. Seperti TK-TK yang berada di lingkungan Kecamatan Paguyangan, pengelolaan seluruh dokumennya masih dilakukan secara manual. Seringkali para guru kesulitan untuk mencari dan menemukan dokumen-dokumen tertentu dalam waktu singkat. Para guru di lingkungan tersebut juga masih belum mengerti pentingnya peran teknologi informasi untuk meningkatkan mutu kerja di lingkungan kerjanya. Oleh karena itu, program pengabdian ini bertujuan untuk membekali kemampuan para guru-guru TK di Kecamatan Paguyangan tentang pengelolaan dokumen secara elektronik. Program ini menggunakan metode pelatihan dan juga pendampingan terhadap guru-guru di TK Kecamatan Paguyangan. Sehingga, program ini dapat langsung memberikan hasil yang baik kepada para guru yang terlibat. Setelah mengikuti program ini, para guru mempunyai kemauan yang besar untuk menerapkan penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan dokumen pada TK nya masing-masing. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan mutu kerja di lingkungan TK dan juga meningkatkan kepercayaan masyarakat setempat terhadap TK-TK di Kecamatan Paguyangan, serta mampu memberikan solusi atas permasalahan yang ada pada TK di lingkungan Kecamatan Paguyangan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryotejo, G., Widiastuti, S., & Kristiyanto, D. Y. (2018). The Use of Cloud Computing as Software as a Service in an Effort to Improve the Competence of Teacher Information Technology and the Management System of PAUD Dabin V Semarang. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 633–640. http://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/download/35/35

Fadila, S. N., & Faeruz, R. (2022). Eksplorasi Penggunaan Teknologi Informasi pada Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Bunga Bangsa. 7(1), 11–21.

Fahana, J., & Supriyanto, S. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Pengelolaan Data Lazismu Se-Diy. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 315. https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.295

Hasyim, F., Barokah, S. N., Karnowahadi, K., Setyadi, D., & Utaminingtyas, R. B. (2021). Pendampingan Pengelolaan Administrasi Tk Aisiyah Bustanul Atfal 59 Meteseh Tembalang Semarang. Jurnal Hilirisasi Technology Kepada Masyarakat (SITECHMAS), 1(1). https://doi.org/10.32497/sitechmas.v1i1.2235

Iksan, P., Nilma, N., & Sumarni, R. A. (2020). Perancangan Sistem Administrasi Presensi dan Penggajian Pegawai di TK Annisa Cibinong. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 3(3), 281–287. https://doi.org/10.32672/jnkti.v3i3.2485

Junedi, B., & Isa, I. G. T. (2021). Literasi Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Taman Kanak-Kanak Se-Wilayah Binaan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 4–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5428%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5428/pdf

Lestandy, M., Syafaah, L., & Faruq, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Tk Aba 16 Malang Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Di Bidang Tik (Teknologi Informasi Dan Komputer). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1338–1344. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7543

Maziyyah, N., & Rahajeng, B. (2020). Peningkatan Keterampilan Teknologi Informasi untuk Optimalisasi Tata Kelola dan Proses Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 8(2), 75–83. https://doi.org/10.18196/bdr.8279

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Rizqiyyatunnisa, & Mahdi, N. I. (2021). Penyelenggaraan PAUD Formal, Non Formal Dan Informal di KB TK IK Keluarga Ceria. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1), 54–74. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3242

Seta, B., Darajat, P. P., Choirina, P., & Mubarok, F. A. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Keuangan Sekolah Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel Di Smpi Lukman Hakim Pakisaji. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 5(1), 376–381. https://doi.org/10.33379/gtech.v5i1.1152

Susanto, A. (2015). Bimbingan & konseling di taman kanak-kanak. Prenada Media.

Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan:(Formal, Non Formal, dan Informal). Deepublish.

Yus, A. (2015). Penilaian perkembangan belajar anak taman kanak-kanak. Kencana.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14799

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14799.g6053

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License