Pengenalan dan Pelatihan Digital Marketing Pupuk Organik Cair pada Ibu PKK Dusun Semen

Rafaella Chandraseta Megananda, Muhimmatul Ifadah, Nabilatus Sunayya, Afni Harfina

Sari


Modernisasi menyebabkan seluruh kegiatan manusia mengalami perubahan salah satunya dalam hal pemasaran. Digital marketing merupakan sebuah metode pemasaran baru dengan memanfaatkan dunia digital dalam pemasaran produk. Pemasaran menggunakan digital marketing dinilai lebih efisien dalam mengenalkan dan memasarkan produk khususnya produk pupuk organik cair produksi Ibu PKK Dusun Semen. Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan dan melakukan pelatihan pada Ibu PKK Dusun Semen agar dapat memahami digital marketing dan menggunakan sosial media dalam memasarkan produknya. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa Ibu PKK Dusun Semen sudah paham mengenai digital marketing dan mulai belajar dalam penggunaan sosial media instagram untuk memasarkan produk pupuk organik cair.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azizah, N., Wahyudi, E. R., Nissa, K., Wahyudi, A. F., & Ummah, S. K. (2019). Pemberdayaan Istri Nelayan Melalui Pelatihan Digital Marketing Strategy (DMS) Darah Biru. Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 131–141. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/2675

Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 1–14. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/25

Hafsawati, H. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Bagi UMKM di Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 7(1), 208–211. http://jmas.unbari.ac.id/index.php/jmas/article/view/347

Himawan, A. F. I. (2019). Digital marketing: peningkatan kapasitas dan brand awareness usaha kecil menengah. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 17(2), 85–103. http://journal.unimma.ac.id/index.php/bisnisekonomi/article/view/3030

Meriatna, M., Suryati, S., & Fahri, A. (2019). Pengaruh Waktu Fermentasi dan Volume Bio Aktivator EM4 (Effective Microorganisme) pada Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Limbah Buah-Buahan. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 7(1), 13–29.

Nailufar, F., Andriyani, D., & Rahmah, M. (2022). Pemanfaatan Gulma Enceng Gondok di Reulet Timu Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Aceh, 2(1), 9–15. https://www.jpaceh.org/index.php/pengabdian/article/view/95

Nainggolan, N. P., & Sari, I. U. (2020). Pembinaan Dan Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Home Industri Masyarakat Tanjung Gundap. Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 267–275. https://jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/31

Nurul, R. N., & Afrilia, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu J&C Cookies Bandumg Dalam Meningkatkan Penjualan. Sain Manajemen, 2(1), 97–104. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/article/view/209

Pujiati, S., Pertiwi, A., Silfiia, C. C., Ibrahim, D. M., & Hafida, S. H. N. (2020). Analisis Ketersediaan, Keterjangkauan Dan Pemanfaatan Pangan Dalam Mendukung Tercapainya Ketahanan Pangan Masyarakat Di Provinsi Jawa Tengah. Sosial Ekonomi Pertanian, 16(2), 123–133. https://core.ac.uk/download/pdf/328104027.pdf

Putra, I., & Jalil, M. (2015). Pengaruh Bahan Organik Terhadap Beberapa Sifat Kimia Tanah Pada Lahan Kering Masam. Agrotek Lestari, 1(1), 27–34. http://jurnal.utu.ac.id/jagrotek/article/view/433

Ramadhanty, R. N., & Fikriyah, K. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Jilbab Melalui Online Shop. Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2). https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p40-55

Suhandi, N., & Gustriansyah, R. (2021). Pengembangan Branding dan Pemasaran Industri Rumah Tangga Pempek “Happy” di Kota Palembang. Abdimas Mandiri, 5(2), 71–76. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/1824

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.12919

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.12919.g5786

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License