Sinergitas Pengembangan UMKM dan Destinasi Wisata Melalui KKN Tematik di Kelurahan Maospati Magetan Jawa Timur

Emi Widiyanti, Setyo Tri Krisbiantono, Silvi Pramesti Dewi, Firda Reza Agustina, Hanin Marwah Nurkhoirani, Sonia Agustin Nurpitasari, Rachel Savania Yonadi, Sekar Dewi Ariyanti, Vivian Aditania, Prabu Adif Rifalah, Adhitya Ramadhan Utama

Sari


Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi masyarakat Kelurahan Maospati Magetan Jawa Timur dalam bentuk menurunnya masyarakat luar yang berkunjung ke daerah ini. Hal ini akan berpengaruh terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya untuk pemasaran produk mereka dan juga berdampak pada pengunjung wisata Punden yang ada. Melihat permasalahan tersebut tim KKN Tematik Universitas Sebelas Maret (UNS) Mbangun Desa melakukan program yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM dan destinasi wisata di Kelurahan Maospati. Adapun metode pelaksanaan yang digunakan adalah pembuatan media promosi untuk UMKM dan wisata punden Losari, rintisan sunday market di wisata Punden Losari dan kegiatan sosialisasi penguatan kelembagaan Pokdarwis dan sinergitas dengan pengembangan UMKM di Maospati. Kegiatan ini mampu mendorong sinergitas antara pengembangan UMKM dan destinasi wisata di Kelurahan Maospati. Bentuk dari sinergitas ini adalah dijadikannya UMKM Kelurahan Maospati sebagai elemen pendukung di Taman Kreasi Punden Losari. Sinergitas ini mampu meningkatkan pemasaran produk UMKM yang ada dan meningkatnya kunjungan masyarakat ke wisata punden ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, F. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(6), 1286–1295.

Fakhruddin, M. (2021). Magetan Bina Pelaku UMKM Guna Dongkrak Pemulihan Ekonomi. Republika. Republika.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 192–203.

Hilmiyah, N., Permana, E., Hatta, I. H., & Widyaningsih, M. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pelaku UMKM Kuliner Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Bisnis, 5(2), 226–245.

Magetan, P. K. (2020). Informasi COVID-19 Kabupaten Magetan.

Maksudi, M. Y., R., M. A. M. H. I. H., W., S. D., & Zabidi, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Omzet Penjualan Produk Pakaian pada UMKM Inoy Daily Wear di Tasikmalaya. Jurnal STEI Ekonomi (JEMI, 30(2), 94–101.

Mauliana, T., Tayo, Y., & Kusumaningrum, R. (2021). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemanfaatan Digital Pada Klinik Rumah Ungu Karawang. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2107–2118.

Nasution, S. dan S. P., & R. (2022). Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Kuliner Berbasis Syariah di Kota Medan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 510–519.

Nugroho, A. P., & A, R. (2022). Digitalisasi dan Keberlangsungan UMKM Kuliner Halal Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 1654–1660.

Nurmala, S. T., E., L., A., J. E. A., & N, N. (2022). Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19. AKM Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65–74.

Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia (Strategy of Enhancement on the Small and Medium-Sized Enterprises (SMES) in Indonesia. Aspirasi, 8(1), 93–103.

Putra, A. M., & Ariana, I. N. J. (2021). Manfaat Pengembangan Desa Wisata dari Aspek Alam, Sosial Budaya, Spiritual, dan Ekonomi di Kabupaten Tabanan. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 5(2), 209–221.

Putra, H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora Adnan. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52.

Rachmawaty, A. (2021). Strategi Marketing Menggunakan Instagram (Studi kasus: Sapinesia. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 39–51.

Ramadhani, S. E., Supangkat, D. A., & Febrianita, R. (2022). Pemanfaatan Instagram untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 3(1), 47–56.

Sasongko, I., Setiawan, A., & Purnama, Y. S. (2019). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kuliner di Sepanjang Koridor Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang. Perencanaan Wilayah Dan Kota, 3, 34–67.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia, 11(1), 33–64.

Sudibya, B. (2018). Wisata Desa dan Desa Wisata. Bali Membangun Bali Jurnal Bappeda Litbang, 1(1), 21–25.

Trisnawati, A. E., Wahyono, H., & Wardoyo, C. (2018). Pengembangan Desa Wisata dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 29–33.

Tyas, W. P., Sianturi, O. O., & PH, J. K. (2020). Analisis Kebijakan Pemerintah Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Rumah (Home-Based Enterprises/Hbe) Di Kota Semarang, Surakarta, Boyolali, Salatiga, dan Surabaya (D. Surabaya, Trans.). Jurnal Pengembangan Kota, 8(1), 78–89. https://doi.org/10.14710/jpk.8.1.78-89




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.12692

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.12692.g5790

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License