Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun

Slamet Riyanto, Muh Nur Luthfi Azis, Andi Rahman Putera

Sari


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada tahun 2021  ini memiliki tujuan untuk melakukan pendampingan kegiatan digital marketing pada komunitas UMKM di Kabupaten Madiun, bentuk pendamping dilakukan dalam bentuk pembuatan toko online di marketplace Shopee dan Tokopedia. Pelaksanaan abdimas dilaksanakan pada tanggal 9 – 14 Agustus 2021, dengan materi teknik foto produk, video produk & pembuatan logo usaha, membuka dan setting toko online di Shopee dan Tokopedia. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan tema digital marketing dengan peserta sebanyak 16 orang, dimana peserta adalah pelaku usaha yang telah memiliki usaha dengan skala mikro dan menengah. Untuk pelaksanaan kegiatan ini telah berjalan dengan lancar dan kehadiran peserta dalam setiap pertemuan mencapai 90%. Selain itu, peserta juga dapat mempelajari materi secara offline maupun online dari hasil rekaman yang telah dibuat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djamaludin, D., Aviasti, A., & Rukmana, O. (2016). Peningkatan Kemampuan Usaha Kecil Menengah Di Wilayah Bandung Raya Dalam Pemanfaaatan Internet Sebagai Sarana Pemasaran Dan Perluasan Jangkauan Pasar. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 5, 125. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1682

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. 10(1), 9–14.

Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital entrepreneurship untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha. Abdimas Dewantara, 3(1), 38–45. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4311

Hapsoro, B. B. (2019). Peran Digital marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117–120.

Harto, B., Rozak, A., & Rukmana, A. Y. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. 7(1), 67–74.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.

Nugraha, A. E. P. (2017). Jurnal NUSAMBA Vol2 No.1 2017. Jurnal Nusamba, 2(1), 1–9. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/701

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Perwita, D. (2021). Telaah digital entrepreneurship: suatu implikasi dalam mengatasi permasalahan ekonomi. Jurnal Promosi, 9(2), 40–51.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534.g5248

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License