Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau

Ety Nurhayaty, Eigis Yani Pramularso, Ratnawaty Marginingsih, Isnurrini Hidayat Susilowati

Sari


Saat ini di era yang serba digital media promosi sering dibagi kedalam dua bagian yaitu media online dan offline. Media promosi online, biasanya dengan menggunakan media sosial, market place dan lain-lain, sedangkan untuk promosi secara offline bisa menggunakan salah satu atau gabungan dari media  pamplet, spanduk, brosur dan lain-lain. Namun apapun media yang dipilih, tetap harus memiliki desain yang baik, unik dan mudah diingat oleh masyarakat agar mereka tergerak untuk melakukan apa yang disampaikan tersebut. Pengenalan media promosi sekaligus pelatihan ini diterapkan pada mitra pengabdian masyarakat di Yayasan Desa Hijau yaitu sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, yang kegiatannya banyak berhubungan dengan masyarakat baik sebagai donatur dan penerima. Setelah dilakukan pemetaan masalah, bahwa saat ini yayasan dalam melaksanakan program banyak menggunakan jasa orang lain untuk mendesain media promosi, padahal kegiatan yang dilaksanakan kadang lebih dari satu dan dalam waktu yag berdekatan, sehingga dana yang dihabiskan untuk jasa desain lumayan besar maka pada akhirnya disepakatilah pada pengabdian masyarakat kali ini melakukan pelatihan membuat media promosi dengan aplikasi canva, sebagai aplikasi yang relatif mudah d pahami, murah dan bisa dilakukan melalui handphone peserta yang berbasis android. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan pratikum. Hasil dari kegiatan ini peserta dapat menerima pengetahuan dan dapat  menggunakan aplikasi Canva.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, B. and Hurriyati, R. (2009) Manajemen corporate dan strategi pemasaran jasa pendidikan fokus pada mutu dan layanan prima. Bandung: Alfabeta.

Garaika, Winda Feriyan.(2019).Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara Volume 16 (1) Juni 2018, Hal. 21-27 ISSN : 1693-1688

Ghalib Huda, Achmad Hendra Setiawan.(2019) Analisis Perbedaan Sebelum Dan Sesudah Penggunaan Media Sosial Terhadap Perkembangan Usaha Catering Di Kota Semarang. Diponegoro Journal Of EconomicS Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019, halaman 1 https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dje ISSN (Print) : 2337-3814 1

Halim, C. (2013) Tip Praktis Promosi Online untuk Berbagai Event. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Maulidasari cet Devi, Damrusb. (2021) DAMPAK PROMOSI PRODUK PADA PEMASARAN ONLINE Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Volume 5 Nomor 1, 2021 ISSN : 2614-2147 137 http://jurnal.utu.ac.id/jbkan/article/view/3464/2060#

Permana Dony Indra (2017). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LANTAI KAYU DAN PINTU PT.PIJI DI JAWA TIMUR . PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 1, April 2017 . https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/444/397

Rahmatullah, R., Inanna, I. and Ampa, A. T. (2020) ‘Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), pp. 317–327.

Santi, I. N. et al. (2020) ‘Pelatihan Membuat Logo Usaha Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Mahasiswa Wirausaha’, Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 8(November), pp. 41–45.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y. and Susanti, E. (2020) ‘Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm’, SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), p. 430. doi: 10.31764/jpmb.v4i1.2983.

Tanjung, R. E. and Faiza, D. (2019) ‘Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika’, Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), pp. 79–85.

Unonongo Wulanytha, Deasy Warouw dan Lingkan Tulung (2015) Fungsi Promosi Dalam Meningkatkan Daya Beli Gadget Samsung Di Kota Manado Jurnal Acta Diurna Vol 4 no.5 https://media.neliti.com/media/publications/92615-ID-fungsi-promosi-dalam-meningkatkan-daya-b.pdf

Valentino Dion Eko, Yudiansyah.(2020). Perancangan Desain Grafis Sebagai Media Promosi Pada Novena Hotel Bandung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Vol 7 No 2 (2020): Tematik : Desember 2020 https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/486/322

Waluyo Sudardi, efri syamsul bahri, ending ahmad yani (2015) Pengaruh Promosi terhadap Perolehan Dana Zakat, Infaq, dan Shadaqah (Studi Kasus pada Yayasan Imdadt Mustadh’afin). Jurnal Rausyan Fikr https://www.researchgate.net/publication/343240642_Pengaruh_Promosi_terhadap_Perolehan_Dana_Zakat_Infaq_dan_Shadaqah_Studi_Kasus_pada_Yayasan_Imdadt_Mustadh%27afin

Wardhanie ayouvi Poerna , Fenty Fahminnansih, Endra Rahmawati (2021) Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170 https://e-journals.dinamika.ac.id/index.php/society/article/view/170/123

Wicaksana, E. J., Atmadja, P. and Asmira, Y. (2020) ‘Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA’, Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), p. 160. doi: 10.36312/e-saintika.v4i2.215.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10522

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10522.g5228

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License