Pemberdayaan Karang Taruna Satya Dharma Bhakti Desa Mainan Melalui Pembuatan dan Pemasaran Pot Tanaman Hias

Siti Lady Havivi, Budi Santoso, Nopriawan Mahriadi

Sari


Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini merupakan ejawantah peran perguruan tinggi dalam upaya untuk memampukan masyarakat Desa Mainan, Kecamatan Sembawa, Banyuasin melalui pemanfaatan dan optimalisasi potensi sosial, ekonomi, dan budaya yang dimiliki secara mandiri. Berdasarkan observasi dan diskusi terarah dengan pemangku kepentingan, mitra pengabdi yang ditunjuk adalalah Karang Taruna Satya Dharma Bhakti dengan kegiatan utama berupa pengembangan kewirausahaan pembuatan pot tanaman hias berbahan dasar kain atau ambal bekas. Pemilihan ini berdasarkan fakta bahwa saat ini tanaman hias menjadi kesukaan baru masyarakat Indonesia sehingga kebutuhan alat pendukung seperti pot semakin meningkat.  Produk pos tanaman hias ini kemudian dipasarkan melalui media sosial Facebook, Instagram, dan twitter untuk  memperluas jangkauan pemasaran dan kesadaran produk pembeli. Kegiatan pengabdian ini memberikan tambahan energi bagi pegiat kewirausahaan Karang Taruna Satya Dharma Bhakti karena mendapatkan pengetahuan untuk desain baru  dan penjualan yang semakin menjanjikan.

Kata kunci : pemberdayaan, pot hias, pemasaran digital


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barokah, S., Wulandari, OAD., Sari, MT., Yuditama, IF. (2021). Optimalisasi digital marketing melalui Facebook ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas BSI. 4 (1). 17-22.

Eko, S. (2002). Pemberdayaan masyarakat desa. Materi diklat pemberdayaan masyarakat desa. Samarinda, Indonesia: Badan Diklat Provinsi Kaltim.

Kartasasmita, G. (1997). Pemberdayaan masyarakat: Konsep pembangunan yang berakar pada masyarakat. Jakarta: Bappenas

Kautsarina. (2013), "Pemasaran Elektronik Melalui Aplikasi Jejaring Sosial", Jurnal Studi Komunikasi dan Media. 17(2). 135-148

Kotler and Keller. 2016. Marketing Management. Pearson: Prentice hall

Purbantara, A dan Mujianto. (2019). Modul KKN Tematik desa membangun: Pemberdayaan masyarakat desa. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Wardhana, Aditya. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10343

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10343.g4956

Index by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License