Pembinaan Literasi Membaca melalui Self Motivation sebagai Upaya Mengembangkan Life Skill dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar

Yohamintin Yohamintin, Yosi Gumala, Vira Pratiwi, Awiria Awiria

Sari


Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh rendahnya peringkat literasi Indonesia dan rendahnya kemampuan membaca peserta didik Indonesia di dunia Internasional berdasarkan data yang dirilis oleh World’s Most Literate Nations, dan Progres in International Reading Literacy Study. Sebagai bentuk nyata kegiatan pengabdian pada masyarakat maka dilaksanakan sebuah kegiatan training yang bertujuan untuk menumbukan motivasi diri pada peserta didik dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca. Kegiatan ini bertema ”Self Motivation Sebagai Upaya untuk Mengembangkan Life Skill dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar” di Teluk Pucung Bekasi, yang berdasarkan observasi pendahuluan didapatkan masih kurang dalam literasi.  Metode kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menggunakan metode ceramah dan pelatihan ini sekaligus menjadi media bagi dosen di program studi pendidikan dasar untuk mensosialisasikan dan mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dalam bidang literasi untuk lebih dapat diaplikasikan secara langsung di sekolah dasar mitra. Hasil dari pelaksanaan PkM ini didapatkan adanya respon motivasi belajar yang semakin baik, yang ditunjukan oleh  peningkatan nilai yang diperoleh dari  hasil pre test dan post test dalam pemahaman konsep sains.  Dampak positif dari pelatihan dengan mengoptimalkan digital literasi ini mendorong berkembangnya kecakapan hidup peserta didik dalam mengembangkan potensi diri dan lebih bijak dalam menggunakan media digital. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan digital literasi yang tepat dan ditanamkan sejak usia sekolah dasar, dapat memunculkan keterampilan hidup dan meningkatkan self motivation pada peserta didik yang akan meningkatkan hasil belajar. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agoestyowati, R. (2017). Tinjauan pada Minat Literasi Anak-anak. Majalah Ilmiah Institut STIAMI, (1) 14.

Baleiro, R. (2011). A Definition of Lite-rary Literacy: A Content Analysis of Literature Syllabuses and Inter-views with Portuguese Lecturers of Literature. Journal of New Horizons in Education.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No., 93–196.

Geske, A.& Ozola, A. (2008). Factors Influencing Reading Literacy at The Primary School Level. Journal Problems of Education in The 21st Century, (6) 1.

Kemendikbud. (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Kemendikbud.

PIRLS International Report. (2011). International Benchmarks TIMMS & PIRLS Report International Study Center (IEA).

Purwanto. (2013). Motivasi belajar dalam pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid,” 2(2), 221–236.

Sardiman, A. (2006). Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sikula Andrew E. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia (3rd ed). Bandung: Erlangga.

UNESCO. (2005). Literacy for Life. Paris (Prancis): United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10267

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10267.g4949

Index by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License