Pengaruh Penerapan Supply Chain Management Coffee Shop Kota Bandung Bagian Selatan terhadap Competitive Advantage

wiji safitri, ratih hendayani, ruben shosa shobura

Abstract


Industri Makanan dan minuman di Indonesia tumbuh pesat. Sebagai negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia dan potensi pasar pengolahan kopi yang terus tumbuh, Industri perlu menerapkan Supply Chain Management untuk keunggulan bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Supply Chain Management terhadap Compettitive Advantage di lima Kedai Coffee  Shop di Kota Bandung Bagian Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan eksplanatori dengan pendekatan causal. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Supply Chain Management yang terdiri dari Infrastructure Framework, Delivery Dependability, Time to Market, dan Supply Chain Agility sementara variabel terikat adalah Competitive Advantages terdiri dari Manufacturing Firm Performance. Populasi dalam penelitian ini adalah Owner, Manajer Logistik, Manajer Penjualan, Manajer Keuangan dan Barista di 5 Coffee Shop Kota Bandung Bagian Selatan. Sementara sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 30 orang. Teknik analisis data menggunakan Multivariate Analysis yaitu Teknik dependent, Teknik interdependent, dan Teknik persamaan structural (structural model). Hasil dari penelitian adalah Infrastructure Framework ke Delivery Dependability terhadap Competitive Advantage mempunyai pengaruh signifikan positif, Infrastructure Framework ke Time to Market mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap Competitive Advantage, Delivery Dependability ke Supply Chain Agility mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap Competitive Advantage, Supply Chain Agility mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap Competitive Advantage. Dengan ini, Coffee Shopperlu mempertimbangkan faktor tersebut untuk meningkatkan keunggulan bersaing dalam bisnis.

Full Text:

PDF

References


Achlaq, M. M. (2015). Perancangan Produk Baru dalam Prespektif Supply Chain Management.

Adiningrum, Y.;Dwiyana;& Lestari, T. E. (2018). ANALISIS JALUR MODEL TRIMMING UNTUK MENGETAHUI FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UM).

Aisy, D. H. (2019). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER SENSITIVITY DAN SOURCING FEXIBILITY TERHADAP SUPPLY CHAIN AGILITY DAN KINERJA PERUSAHAAN.

Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.

Al-Shboul, M. A. (2017). Infrastructure Framework and Manufacturing Supply Chain Agility: the role of delivery dependability and time to market. Supply Chain Management: An International Journal.

Arisena, G. M. (2016). Konsep Kewirausahaan Pada Petani Melalui Pendekatan Structural Equation Model (SEM). E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata.

Dewi, D. A. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas.

Endra, F. (2017). Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Taman Sidoarjo: Zifatama Jawara.

GoogleMaps. (2019). Perguruan Tinggi di Bandung Kidul dan Kecamatan Lengkong. Noudettu osoitteesta https://www.google.com/maps/search/perguruan+tinggi+di+bandung+kidul+dan+lengkong/@-6.9370554,107.6064024,14z/data=!3m1!4b1.

Hadi, S.;& Hidayati, I. M. (2018). FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI DOSEN DENGAN SEM-PLS (STUDI KASUS JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN TEKNIK ELEKTRO PTS DI SURABAYA).

Haryono, S. (2017). METODE SEM UNTUK PENELITIAN MANAJEMEN : AMOS, LISREL & PLS.

Ifle, T. M. (2. July 2017). PENTINGNYA MENCIPTAKAN COMPETITIVE ADVANTAGES DALAM PERUSAHAAN. Noudettu osoitteesta https://www.tommcifle.com/pentingnya-menciptakan-competitive-advantages/

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (18. Februari 2019). Industri Makanan dan Minuman Jadi Sektor Kampiun. Noudettu osoitteesta Kementrian Perindustrian Republik Indonesia Website: https://kemenperin.go.id/artikel/20298/Industri-Makanan-dan-Minuman-Jadi-Sektor-Kampiun-

Maddeppungeng, A. (2017). PENGARUH MANAJEMEN RANTAI PASOK (MRP) PADA DAYA SAING DAN KINERJA PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI DI DKI-JAKARTA.

Mariadi, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kompetensi dalam Kinerja Karyawan studi case di PT. TASPEN (PERSERO) Bandung.

OSEPTHARIA, A. A. (2018). ANALISIS MODEL BISNIS PADA ARMOR KOPI BANDUNG ENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS.

Pangestu, H. (2016). PENTINGNYA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DALAM PROSES BISNIS.

Rahmayani, L. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER INTENTION UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE PAYMENT DANA.

Rosita;& Sosianika, A. (2019). Peran Event Sponsorship Dalam Meningkatkan Kesadaran Merek dan Minat Beli: Studi pada Brand 361˚ di Acara Asian Games 2018.

Selvam, M.;Gayathri, J.;Vasanth, V.;Lingaraja, K.;& Marxiaoli, S. (2016). Determinants of Firm Performance: A Subjective Model. International Journal of Social Science Studies.

Simamora, B. (2017). PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SERTA PRESTASI KERJATERHADAP PENGEMBANGAN KARIR PEGAWAI PADA DINAS BINA MARGADAN PENGAIRAN KOTA PEMATANGSIANTAR. Journal Politeknink Bisnis Indonesia.

Sudibyo, R. P.;Bakhtiar, A.;& Hasanah, M. A. (2019). RELATIONSHIP OF THE SOCIAL ECONOMIC CHARACTERISTICS OF THE IMPLEMENTATION OF THE IMPLEMENTATION OF AGRICULTURAL ASSIGNMENT TASKS IN CITY OF BATU . Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis.

Suhadak, U. S. (2019). PENGARUH MAKROEKONOMI TERHADAP KINERJA INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DAN GOVERNMENT BONDS (Studi pada Negara Indonesia Tahun 2015-2017). Jurnal Administrasi Bisnis.

Suharto, R.;& Devie. (2013). Analisa Pengaruh Supply Chain Management terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. BUSINESS ACCOUNTING REVIEW, VOL. 1. NO 2.

Wiyono, D. (2017). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEAKTIFAN MAHASISWA DAN KINERJA DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA: PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARES-SEM ANALISYS. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran.

Wulandari;Sari, R. N.;& L, A. A. (2016). PENGARUH SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING. Jurnal Ekonomi.

Zuhriyah, D. A. (Agustus 2019). Industri Kedai Kopi Ditaksir Tumbuh 20% Tahun 2019. Noudettu osoitteesta Ekonomi Bisnis: https://ekonomi.bisnis.com/read/20190822/12/1139918/industri-kedai-kopi-ditaksir-tumbuh-20-tahun-ini




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i1.7734

Copyright (c) 2020 wiji safitri, ratih hendayani, RATIH HENDAYANI, ruben shosa shobura, ruben shosa shobura

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License