Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik)

Dewi Untari, Dewi Endah Fajariana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran melalui media sosial instagram. media sosial digunakan sebagai  strategi kegiatan pemasaran dengan Instagram. Karena media sosial merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mempromosikan produk barang dan jasa melalui internet marketing. Caranya mudah sederhana tetapi memiliki efek yang luar biasa. Dengan 700 juta pengguna aktif setiap bulannya, kekuatan dan jangkauan Instagram memang tidak dapat disangkal. Instagram memang dimulai sebagai aplikasi foto sederhana. Tetapi Instagram telah mengalami banyak perubahan dan menjadi sebuah platform yang memungkinkan pengguna membangun identitas visual bisnis. Penting untuk diingat bahwa pengguna Instagram menghargai konten berkualitas tinggi. Foto dan video yang memberi audiens informasi menarik dengan cara baru dan unik. Dengan mengoptimalkan konten subur batik yang berisi tulisan nada menghibur hingga mendorong  keterlibatan pelanggan.  Ide untuk menciptakan dan mengelola platform yang menangkap identitas visual merek subur batik terdengar mengintimidasi pada awalnya. Namun akan membuat Instagram menyenangkan dan mudah dan meningkatan penjualan.


Full Text:

PDF

References


Atmoko, Bambang Dwi. 2012 Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita

Basu Swastha DH, 2002. Pengantar Bisnis Modern.Edisi 3.Yogyakarta : Liberty.

Djaslim Saladin dan Yevis Oesman, 2003.Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaa, Pelaksanaan dan Pengendalian.Bandung : Linda Karya

Evans, Dave dan Jake Mckee.2013. Social Media Marketing: The Next Generation Of Business Engagement. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Kotler, Philip, 2000, Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc New Jersey.

Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Benjamin Molan, Jakarta : Prenhallindo.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management,14th Edition. United States of America : Pearson.

Nazir, Mohammad, 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alphabeta.

Winardi. 2001. Motivasi & Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Zarella, Dan. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta Anggota IKAPI.

Sumber Jurnal

Akrimi, Y., & Khemakem, R. 2012. What Drive Customers to Spread The Word in Social Media. Journal of Marketing Research and Case Studies.

As'ad, H. Abu-Rumman. 2014. The Impact of Social Media marketing on Brand Equity: An Empirical Stuqy on Mobile Service Providers in Jordan. Journal Society of Interdiciplinary BusinessResearch Vol. 3 No. 1 ISSN: 2304- 1013;2304-1269.

Kaplan, A,M., & Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, Vol. 53 No. 1, pp. 59-68

Powers, T., Advincula, D., Austin M, Graiko S., & Snyder, J. 2012. Digital and Social Media in The Purchase Decision Process. Journal of Advertising Research

Rizal, Veby Zilfania.2014.Pengaruh Social Media Marketing Twitter Terhadap JOM FISIP Vol. 3 No. 1 Februari 2016 Page 15 Terbentuknya Brand Image Restoran Burger Gaboh Pekanbaru. Universitas Riau.hal: 17.

Williams, D,L., Crittenden, V,L., Keo, T., & McCarty, P. 2012. The use of social media: an exploratory study of uses among digital natives, Journal of Public Affairs, Vol. 12 No. 2, pp. 127-136

Sumber Internet

http://.id.wikipedia.org./wiki/instagram, diakses pada tanggal 04 Januari 2016).




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4387

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI

Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License