FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH PEMBIAYAAN HAJI MEMILIH PEGADAIAN SYARIAH

Ani Rakhmanita

Abstract


Hukum ibadah haji adalah wajib bagi setiap muslim yang mampu dari sisi jasmani, rohani dan ekonomi. Salah satu lembaga keuangan yang memberikan penawaran produk pembiayaan haji adalah Pegadian Syariah. Produk pembiayaan haji yang ditawarkan oleh pegadaian syariah adalah Arum Haji. Tabungan Arum haji memudahkan masyarakat berpenghasilan sedang dan rendah untuk segera mendaftarkan haji dengan sistem pembiayaan. Penelitian ini mengunakan metode penelitian survey yaitu suatu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan mengandalkan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Dengan demikian penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Nasabah Pegadaian Syariah Babakan Tangerang yang memutuskan pemilihan produk Arum Haji. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji instrumen data, regresi liner berganda, uji t, uji f dan koefesien determinasi (R2).Hasil penelitian menunjukkan pelayanan (0,432), lokasi (0,164) dan promosi (0,537)  berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah pembiayaan haji memilih pada Pegadaian syariah Babakan Tangerang (Y).

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4139

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI

Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License