PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA, INDIVIDU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Aspari Aspari

Abstract


Abstract - The goal of this reaserach is to get data about the effect of peer tutor learnings, individulalearnings,  and dicipline to the result of english learning at SMP Anugerah Abadi Pamulang Tangerang Selatan.

The method of this research is experimental. The sample are 60 students that consist of 3O experimental class, and 3O control class that uses sampling technique, cluster sampling of learning. It can be proved by Fo=7,087 and sig = 0,010 < 0,05. The data analysis uses ANOVA in two line. The result of this research shows are: (1) there is signifcant effect of peer tutor learnings to the result of english learning student, (2) there is significant effect between students dicipline to the result of english learning, (3) there is effect of interaction that signficant between students dicipline and peer tutor learnings to the result of english learning. This research has benefit to inprove the result of english learning by using peer tutor learnings, ndivudual learnings,  and students dicipine in the class, and optimalization students in learning English.

 

Key Words: English, Learning Method, peer Tutor, the dicipline, Individu.

 

Abstrak – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya, individu, dan disiplin terahdap pembelajran bahasa inggris di SMP Anugerah Abadi Pamulang Kota Tangerang Selatan.

Metode penelitian ini adalah eksperimental. Sampel yang digunakan adalah 60 siswa yang terdiri dari dari 30 kelas eksperimental, dan 30 kontrol kelas yang menggunakan tehnik sample, sampel cluster dari pembelajaran. Ini dapat dibuktikan dengan Fo=7,087 dan sig = 0,010 < 0,05. Analisis daa menggunakan ANOVA dalam dua line. Hasil dari penelitian ini menunjukkan; (1)ada yang pengaruh signifikan dari pembelajaran tutor sebaya terhadap pembelajaran bahasa inggris, (2)ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar bahasa inggris, (3) ada pengaruh interaksi yang signifikan antara kedisplinan dan tuturo sebaya terhadap hasil belajar bahasa inggris. Penelitian ini telah memberikan masukan untuk meningkatkan hasil pembelajaran  bahasa inggris dengan menggunakan metode tutor sebay, individu, dan kedisiplinan siswa di kelas, dan optimalisasi siswa dalam belajar bahasa inggris.

 

Kata Kunci: Bahasa Inggris, Metode Belajar, Tutor sebaya, disiplin, pribadi


References


Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production

Semiawan, dkk.1987. Pendekatan Keterampilan Proses. PT Gramedia. Jakarta

Suprijono Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Surakhmad, Winarno. 1980. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsono

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreati9vitas Anak Berbakat. Jakarta: Rieneka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31294/w.v11i2.6276

Copyright (c) 2019 Aspari Aspari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

  
 

Published by Department of Research and Community Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika by supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License