Assessing Grammatical Comprehension Capabilities of 2nd Semester English Class Students

Muji Endah Palupi

Sari


Saat ini, bahasa Inggris menjadi bahasa penting di dunia. Banyak orang menggunakan bahasa ini untuk berbagai displin ilmu. Bahasa Inggris tidak hanya untuk mereka saja, tetapi pula dengan memahami grammarnya (tata bahasanya). Dan, terkadang memahami grammar bahasa Inggris tidak mudah. Bagi mahasiswa bahasa Inggris menjadi sebuah keharusan. Ini untuk mengingatkan mereka dengan penggunaan dalam bahasa Inggris. Tata bahasa Inggris bagaikan tulang yang menguatkan dalam membuat kalimat, tanpanya tak berarti apa-apa. Tujuan dari analisis ini ialah menilai kecakapan pemahaman grammatika pada kelas bahasa Inggris semester dua di kampus. Penulis menggunakan Grammar Translation Method (GTM) untuk menilai kecakapan pemahaman grammatika, serta cara mereka mencari solusi dengan soal yang diberikan dosen, dan akan terlihat keterpahaman mereka. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi referensi untuk peneliti berikutnya dalam mengalisis obyek kemampuan pemahaman tatabahasa mahasiswa. 

 




 

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Richards, J. C., & Schmidt, R. (2002). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. Pearson Education Limited.

Brown, H. Douglas, (2006). Principles of Language Learning and Teaching, Fifth Edition, Pearson ESL.

Richards, Jack C. and Theodore S. Rodgers, (1986). Approaches and methods in language teaching: A description and analysis. Cambridge: Cambridge University Press.

O'Grady, W and J. Archibald, (2000). Contemporary Linguistic Analysis: An Introduction. Addison Wesley.

Greenbaum, Sidney, (1996 ). The Oxford English Grammar. Oxford University Press.

Greenbaum, Sidney and Gerald Nelson, (2002). An Introduction to English Grammar, 2nd ed. Pearson.




DOI: https://doi.org/10.31294/w.v9i2.2351

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License