Analisis Kepuasan Pengguna Website Pajak Online Kota Bandung Menggunakan Model Evaluasi Terintegrasi

Resti Kartika Dewi, Ricky Firmansyah

Sari


Abstract

Regional tax is a tax payer paid by a personal or institution to the region without a balanced direct benefit, that can be eforced under applicable laws and regulation. The tax is used to finance regional implementation and regional development. Bandung government city by the tax office has launced a service tax application on May 31st, 2016. Website sipp.disyanjak.bandung.go.id is made to facilitate the tax payer in consultation and get informations are related to property tax service (PBB) by internet. This research uses an integration model that includes information success system model by Delone and Mclean, acceptance model of UTAUT, and conformity model of HOT Fit with modification. The data used are primary data that obtained by questionnaire surveyto employees of service tax office and Bandung society who has been using the website sipp.disyanjak.bandung.go.id as a media of information with the sample of 100 peoples. The data processed with SPSS software version 22. Result of this research indicated that user are satisfied with the quality of information, quality of service, quality of system from the website sipp.disyanjak.bandung.go.id information system. The user are intend and plan to continue to use the website sipp.disyanjak.bandung.go.id information system, because they can improves their performance, easy to learn and used, then supported by colleagues who are using and consider it important. Usability intention has significant effect on net benefits, it is enough perceived by user that information system of website sipp.disyanjak.bandung.go.id are help respondents to det information about the taxes.

 

Key Word: Conformity model of HOT Fit, Delone and Mclean, Tax, UTAUT, Website

 

Abstrak

Pajak daerah merupakan iuran wajib pajak yang dilakukan oleh orang pribadi atau badan kepada daerah tanpa imbalan langsung yang seimbang, yang dapat dipaksakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pajak tersebut digunakan untuk membiayai penyelenggaraan daerah dan pembangunan daerah. Pemerintah kota Bandung melalui Dinas Pelayanan Pajak (Disyanjak) meluncurkan aplikasi pelayanan pajak pada tanggal 31 Mei 2016. Website sipp.disyanjak.bandung.go.id dibuat untuk mempermudah wajib pajak dalam berkonsultasi dan memperoleh informasi terkait pelayanan pajak bumi dan bangunan (PBB) melalui intranet. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model integrasi model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean, model penerimaan UTAUT, dan model kesesuaian HOT Fit dengan modifikasi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui survei kuesioner kepada pegawai Dinas Pelayanan Pajak dan masyarakat kota Bandung yang telah menggunakan Website sipp.disyanjak.bandung.go.id sebagai media informasi dengan sampel sebanyak 100 orang. Data diolah menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna merasa puas terhadap kualitas informasi, kualitas layanan, dan kualitas sistem dari sistem informasi website sipp.disyanjak.bandung.go.id. Pengguna berniat dan berencana untuk terus menggunakan sistem informasi website sipp.disyanjak.bandung.go.id karena merasa dapat meningkatkan kinerjanya, cukup mudah dipelajari dan digunakan, serta didukung oleh rekan kerja yang juga menggunakan dan menganggapnya penting. niat penggunaan berpengaruh signifikan terhadap manfaat bersih, hal ini cukup dirasakan pengguna bahwa sistem informasi website sipp.disyanjak.bandung.go.id membantu responden memperoleh informasi mengenai pajak.

 

Kata Kunci: Conformity model of HOT Fit, Delone and Mclean, Tax, UTAUT, Website

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brown, S. A. (2005). Model of Adoption of Technology in the Household A Baseline Model Test and Extension Incorporating Household Life Cycle. MIS Quarterly (29:4), pp , 399-426.

Elvandari, D. S. (2011). Adaptasi Model Delone Dan Mclean Yang Dimodifikasi Guna Menguji Keberhasilan Implementasi Aplikasi Operasional Bank Bagi Individu Pengguna: Studi Empiris Pada Bank Umum Di Kota Semarang.

F.Kursehi, &. S. (2013). Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi ERP pada Usaha Kecil Menengah Studi Kasus: Implementasi SAP BI.

Jogiyanto. (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

McLean, W. H. (1992). Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable. Information Systems Research, pp. , 60-95.

McLean., W. H. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems .

Mohamadali, N. A. (2010). A Novel Evaluation Model of User Acceptance of Software Technology In Healthcare Sector. International Conference on Health Informatics .

Mohamadali, N. A. (2012). Understanding and Addressing The ‘Fit’ Between User, Technology, and Organization in Evaluating User Acceptance of Healthcare Technology. International Conference on Health Informatics .

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Resmi, S. (2015). Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.

Soemitro, S. (2014). Analisis Ekonomi Jawa Barat. Bandung: Unpad Press.

Venkatesh, V. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified view. MIS Quarterly (27:3),pp. , 425-278.

Yuliasari, E. (2014). Analisis Faktor Determinan Penggunaan Sistem Aplikasi. 84.

Yusof, M. M. (2006). Towards a Framework for Health Information Systems Evaluation. Proceedings of the 39th Hawaii International Conference on System Sciences .

Yustisia, T. V. (2015). Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan Perubahannya. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.




Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) BSI Sukabumi
Jl.Cemerlang No. 8, Sukakarya Sukabumi- Jawa Barat 43135 Indonesia
Telepon: 02666251992
Fax: 02666251992
Email: lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id

P-ISSN: 2355-990X , E-ISSN: 2549-5178

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License