STRATEGI PEMASARAN PADA PELATIHAN PUBLIC SPEAKING QUECARD SUKABUMI

Dicki Prayudi

Abstract


Abstraksi

QueCard adalah nama lembaga pelatihan yang fokus kepada pengembangan soft skill terutama dalam bidang komunikasi di Sukabumi. Tujuan didirikannya lembaga ini adalah untuk memberikan pilihan dan kemudahan bagi peserta dalam mengembangkan komunikasinya. Kelas Public Speaking adalah kelas yang ditujukan kepada mahasiswa atau pekerja yang memerlukan pelatihan komunikasi untuk menunjang kebutuhan pekerjaan ataupun kepentingan pribadinya. Peneliti dilakukan dengan pendekatan secara langsung kepada informan untuk mengamati perilaku, pendapat, sikap serta tanggapan informan terkait dengan subjek penelitian. Penelitian menggunakan parameter tunggal yang menjadi parameter studi yaitu STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning). Bauran pemasarannya berdasarkan yang dikemukakan oleh Kotler untuk pemasaran jasa yaitu: Product, Place, Price, Promotion, Process, Physical Evidence, dan People. Pada penelitian ini, metode kualitatif diambil sebagai metode yang akan digunakan peneliti dalam merumuskan skema penelitian lebih lanjut. Berdasarkan analisis lingkungan internal pemasaran QueCard Public Speaking yang diformulasikan pada matrik IFAS, pemasaran QueCard Public Speaking masih memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan kelemahan. Hasil matrik tersebut menghasilkan hasil pembobotan QueCard Public Speaking yang mempunyai skor 2,05 untuk kekuatan pemasaran dan 0,85 untuk hasil pembobotan kelemahan pemasaran QueCard Public Speaking. Hasil 2,90 yaitu hasil pembobotan kekuatan ditambah dengan kelemahan.

Kata Kunci: Rancangan, Pemasaran, Analisis SWOT


Abstract

QueCard is the name of the training institute that focuses on the development of soft skills, especially in the field of communications in Sukabumi. The objective of establishing the institute is to provide choice and convenience for the participants to develop communication. Research also approaches descriptive analysis to interpret the data obtained with the fact that being in the field so as to get a research subjects. Research using a single parameter into parameter studies are STP (Segmenting, Targeting, and Positioning). Its marketing mix based on that proposed by Kotler's marketing services, such as: Product, Place, Price, Promotion, Process, Physical Evidence, and People. Researchers conducted a detailed elaboration in order to provide data and information for this study. Based on the analysis of the external environment of marketing QueCard Public Speaking at the point where the position is that the overall result of 2.95 is 1.75 and the point opportunities results threat there is a difference of 1.20 to 0.55. It is concluded that the external environment of marketing QueCard Public Speaking is above the average of point that have more opportunities than threats.


Keyword: Marketing, SWOT Analyst, Public Speaking

References


Adha, Kholifatul, 2014, Panduan Mudah Public Speaking, Notebook, Jakarta.

Arwana et al., 2017. Minapolitan Area Development Strategy: An Effort to Increase Fisherman Income, Gianyar Regency, Bali Indonesia. International Journal of Life Sciences, 2(1), p. 39-47.

Buchari, Alma, 2013, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, CV. Alfabeta, Bandung.

David, Fred R, 2009, Manajemen Strategi Konsep, Salemba Empat, Jakarta.

Freddy Rangkuti, 2009, Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis. Kasus. Intregrated Marketing Communication, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Heene, A & Desmidt, S. 2010, Manajemen Strategik Keorganisasian, PT. Refika Aditama, Jakarfta.

Hojanto, Ongky, 2012, Public Speaking Mastery, Gramedia, Jakarta.

Hurriyati, Ratih, 2010, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012, Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, Jakarta, Erlangga.

R, Lita., 2010. Pengaruh Implementasi bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses keputusan Wisatawan mengunjungi Objek Wisata Di Kota Padang, Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 2(2), p. 91-99.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung. Tjiptono, Fandy. 2010, Strategi Pemasaran Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta.

Wahyuni, Endang., 2015. Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum, Jurnal Komunikasi Islam , 05 (01), p. 51-82.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i2.4580

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License