Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemilihan Smartphone bagi Pengguna

Nining Suryani

Sari


Abstrak
Kehadiran smartphone memberikan banyak manfaat diantaranya adalah komunikasi menjadi lebih praktis dan efesien, karena dengan smartphone kita dapat berkomunikasi dimana dan kapan saja. Beragamnya smartphone yang ditawarkan dan daya beli masyarakat yang semakin tinggi dengan kriteria-kriteria yang ada, mulai dari daya guna, sistem operasi sampai dengan jaringannya, sehingga memicu timbulnya masalah yang membuat konsumen bingung dalam menentukan produk smartphone yang sesuai dengan keinginan. Kondisi tersebut biasanya sering dialami konsumen ketika ingin mencoba menentukan keputusan dalam membeli sebuah smartphone, sehingga tak heran jika konsumen kadang salah memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhannya dikarenakan beragamanya tipe, spesifikasinya dan harga yang ditawarkan karenanya diperlukan rekomendasi kepada para pembeli handphone, untuk dapat memilih atribut, fitur, dan merek handphone berdasarkan spesifikasi handphone yang sesuai dengan kriteria yang diajukan, namun pengambilan keputusan akhirnya tetap ditentukan oleh pembeli. Metode yang digunakan untuk menentukan pemilihan adalah metode ANP. Dengan metode ini diharapkan konsumen tepat dalam memilih smartphone yang akan dibeli dan digunakan.
Kata kunci: ANP, Smartphone, Spk

Abstract
The presence of smartphones provide many benefits including communication becomes more practical and efficient, because with a smartphone we can communicate where and anytime. The variety of smartphones offered and the higher purchasing power of the existing criteria, ranging from usability, operating system to network, so that trigger the emergence of problems that make consumers confused in determining smartphone products in accordance with the wishes. The condition is usually experienced by consumers when trying to determine the decision in buying a smartphone, so no wonder if consumers sometimes choose the wrong smartphone according to their needs due to the variety of types, specifications and prices offered therefore required recommendations to mobile phone buyers, to be able to choose the attributes , features, and brands of mobile phones based on the specification of mobile phones in accordance with the criteria proposed, but decision-making ultimately remains determined by the buyer. The method used to determine the selection is the ANP method. With this method is expected the right consumer in choosing a smartphone to be purchased and used.
Keywords: ANP, Smartphone, Spk

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fitriyani. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Penjurusan SMA Menggunakan Metode AHP. ISSN: 979-26-0255-0. Semarang: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012) 23 Juni 2012.

Darmanto, Eko, Noor Latifah & Nanik Susanti. 2014. Penerapan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) Untuk Menentukan Kualitas Gula Tumbu. ISSN:2252-4983. Kudus: Jurnal SIMETRIS. Vol. 5 No. 1, April 2014.

Dermawan, Risky. 2009. Model Kuantitatif Pengambilan Keputusan & Perencanaan Strategis. Bandung: Alfabeta.

Hidayat, Yunan. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Modem Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). ISSN: 2301-9425. Medan: Pelita Informatika Budi Darma Vol. VI No. 1, Matret 2014. Diambil dari http://pelita-informatika.com/berkas/jurnal/2.%20yunan%20hidayat.pdf (23 Oktober 2014)

Harsiti dan Henri Aprianti. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone dengan Menerapkan Metode Simple Additive Weighting (SAW). ISSN: 2406-7768. Jurnal Sistem Informasi Volume.4, Agustus 2017.

Kurniasih, Desi L. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Metode TOPSIS. ISSN: 2301 – 9425. Pelita Informatika Budi Darma, Vol. III, No. 2, April 2014.

Astari, Wirda Galvani Natasya dan Kusnawi. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Terbaru Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta

Marimin. 2005. Tehnik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Jakarta: Grasindo.

Marimin, dkk. 2013. Tehnik dan Analisis Pengambilan Keputusan Fuzzy Dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor: IPB Press.

Revano, Rendhie & Dwi Herlambang. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pembelian Mobil Merek Toyota Menggunakan Analytical Hierarchy Process. ISSN: 1978 – 0087. Surabaya: SCAN Vol. II, No. 1.

Siregar, Choirotunisah. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Bekas Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). ISSN: 2301 – 9425. Medan: Pelita Informatika Budi Darma, Vol. VI, No. 1, Maret 2014.

Permana, Sigit Budi. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi di UIN Sunan Kalijaga Menggunakan Metode Analytical Hiererchy Process (AHP). Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diambil dari www.academia.edu/6448006/Sistem_Pendukung_Keputusan_Pemilihan_Program_Studi. (24 Oktober 2014).

Riduwan, 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. 2009. Statistik Teori dan Aplikasi Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Sisca Budiarti dan Agus Widodo, “ Pengambilan Keputusan Multi-KriteriaMenggunakan Metode ANP (Analytic Network Process) Pada Evaluasi Supplier,” 2013.

Turban, Efraim, Jay E.Aronson, & Ting-Peng Liang. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems-7th Ed.Jilid 1 (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Diterjemahkan oleh: Dwi Prabantini; Ed.1. Yogyakarta: Andi.

Triajeng Pungkasanti, Prind dan Titis Handayani.2017. Penerapan Analytic Network Process (ANP). Pada Sistem Pendukung Keputusan. Jurnal Transformatika, Volume 14, Nomor 2, Januari 2017




Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) BSI Sukabumi
Jl.Cemerlang No. 8, Sukakarya Sukabumi- Jawa Barat 43135 Indonesia
Telepon: 02666251992
Fax: 02666251992
Email: lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id

P-ISSN: 2355-990X , E-ISSN: 2549-5178

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License