Sistem Informasi Antrian Konsumen Berbasis Desktop Pada PT Wom Finance Kemayoran Jakarta

Eka Wulansari Fridayanthie

Abstract


Abstraksi
Seiring  dengan  perkembangan  zaman  yang  semakin  maju  dan  modern  serta  teknologi  yang berkembang  dengan  pesat  saat  ini,  tentunya  memberikan  banyak  sekali  manfaat  dan kemudahan  bagi  kehidupan  manusia,  khususnya  pada  perusahaan  pembiayaan.  Mengantri adalah aktifitas menunggu untuk mendapatkan giliran. Di PT WOM Finance mengantri menjadi hal  yang  rutin  terjadi  dalam  setiap  proses  transaksi  dengan  konsumen.  Sistem  antrian  yang baik  akan  berpengaruh  terhadap  perilaku  dan  kepuasan  konsumen.  PT  WOM  Finance khususnya  Cabang  Kemayoran  juga  menerapkan  sistem  antrian  yang  masih  konvensional. Sistem antrian yang berjalan saat ini dianggap kurang efektif, khususnya apabila terjadi antrian panjang dan tidak teratur. Kondisi tersebut dapat membuat konsumen menjadi tidak nyaman. Oleh  karena  itu  dibuatlah  aplikasi  antrian  pelayanan  konsumen,  tujuannya  adalah  untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan terhadap konsumen. Disamping itu melalui aplikasi ini, perusahaan dapat lebih optimal dalam melayani konsumen.
Kata Kunci : Sistem Antrian, Berbasis Desktop


Abstract
Along with  the current development of an increasingly advanced and modern era and rapidly evolving technology nowadays, certainly provide a lot of benefits and convenience for human life,  especially  in  finance  companies.  Queuing  is  a  waiting  activity  to  get  a  turn.  In  PT  WOM
Finance  queuing  is  a  routine  thing  happening  in  every  transaction  process  with  consumer.  A good  queue  system  will  affect  customer  behavior  and  satisfaction.  PT  WOM  Finance  in particular Kemayoran Branch also implemented a queuing system that is still conventional. The
current  queuing  system  is  considered  ineffective,  especially  in  the  case  of  long  and  irregular queues. These conditions can make consumers become uncomfortable. Therefore, it is made an application service queue of consumers, the purpose is to provide comfort and satisfaction to consumers.  Besides,  through  this  application,  the  company  can  be  more  optimal  in  serving consumers.
Keywords: Queuing System, Desktop Based


References


Andoko, S. (2013). Pembuatan Sistem Komputerisasi Manajemen

Penggajian Pada Komanditer Venoschaf (CV) MObile Cell. Jurnal

on Computer Science, 50-56.

Herlawati, P. P. (2011). Menggunakan UML.Bandung: Informatika.

Kamus, T. P. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Nugroho, A. (2011). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek.

Yogyakarta: Andi.

Paryudi, J. S. (2006). Basis Data. Yogyakarta: ANDI.

Salahuddin, R. d. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur &

Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering . Boston: MA:Pearson Education.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v5i2.2575

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License