Metode Simple Additive Weighting(Saw) Dalam Penentuan Pemberian Beasiswa Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Melita Indah Susanti, Sri Wasiyanti

Abstract


Abstrak
Beasiswa yang ada di sekolah ditawarkan oleh pihak pemerintah maupun swasta untuk membantu seseorang yang kurang mampu ataupun berprestasi selama menempuh studinya. Banyaknya jumlah siswa sekolah mengakibatkan pihak sekolah mengalami kesulitan dalam menentukan siswa yang berhak mendapatkan beasiswa. Untuk mempermudah memilih siapa saja siswa yang berhak mendapatkan beasiswa, maka digunakanlah metode  Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih dengan cara membuat kriteria-kriteria dan menentukan nilai bobot yang dilanjutkan dengan perangkingan pada tahap akhir. Dalam penelitian ini, beasiswa dapat diperoleh apabila calon penerima memenuhi kriteria yang sudah ditentukan yakni penghasilan orang tua, nilai siswa, jumlah tanggungan orang tua, jumlah saudara kandung dan jumlah pengeluaran orang tua perbulan. Dengan metode ini, bisa lebih akurat dalam mendapatkan hasil akhir karena menggunakan bobot untuk kriteria. Dalam penelitian ini, didapat 12 siswa yang berhak mendapatkan beasiswa berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.
Kata kunci: Pemberian Beasiswa, Metode Simple Additive Weighting(SAW).


Abstract
Scholarships available in schools are offered by both government and private parties to help someone who is less able or accomplished during his  studies. The large number of school students resulted in the school having difficulty in determining the students who are eligible for a scholarship. To simplify the selection of students who are eligible for a scholarship, the Simple Additive Weighting (SAW) method is used. This method is selected by creating criteria and determining the value of weight that is followed by ranking in the final stages. In this study, scholarships can be obtained if the prospective recipient meets the predefined criteria of  parent income, student value, the number of parent dependents, sibling number and monthly parental expenditure. With this method, it can be more accurate in getting the final result because it uses
the weights for the criteria. In this study, obtained 12 students who are eligible to get a scholarship based on predetermined criteria.
Keywords: Grant of Scholarship, Simple Additive Weighting (SAW) Method.


References


Ambarsari, d. (2014). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Seleksi

Mahasiswa Penerima Beasiswa Tidak Mampu Menggunakan Metode Saw di

STIMIK AKI PATI. STIMIKA (Sistem & Teknologi Informasi - Manajemen

Informatika & Komputer Akuntansi).

Eniyati, S. (2011). Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan

untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Jurnal Teknologi Informasi Dinamik , 16, : 171-176.

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining VS Sistem Pendukung Keputusan.

Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia: CV. Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v5i2.2507

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License