IMPLEMENTASI ALGORITMA RABIN KARP DAN STEMMING NAJIEF ANDRIANI UNTUK DETEKSI PLAGIARISME DOKUMEN

Satia Suhada, Saeful Bahri

Abstract


Plagiarisme merupakan pengambilan karya orang lain kemudian menjadikannya nampak seperti karya sendirii. Praktek plagiat sering terjadi didunia akademis seprti pada dokumen proyek akhir. Untuk meminimalkan tindakan plagiarisme, diperlukan suatu sistem untuk menilai atau mengukur seberapa banyak kemiripan dalam sebuah document sepeti tugas akhir dan makalah ilmiah beberapa algoritma telah digunakan dalam proses deteksi plagiarism namun pada penelitian ini akan menerapkan . Algoritma Rabin Karp dalam mendeteksi plagiarisme karena algoritma ini terbukti efektif untuk membandingkan patern-patern yang ada pada sebuah essai dengan menggunakan fungsi hashing yang dapat menemukan bentuk-bentuk / pola dalam teks, untuk lebih meningkatkan keakuratan dalam proses penemuan pola pada sebuah teks kemudian digunakan algoritma Steeming Najief Andriani yang dapat menemukan kata-kata yang setara yang memiliki persamaan kata dasar yang sama, selanjutnya kedua algoritma yang digunakan akan diimplemntasikan kepada sebuah aplikasi web untuk pengujian document tugas akhir

References


A. S. Salmuasih, “Perancangan sistem deteksi plagiat pada dokumen teks dengan konsep similarity menggunakan algoritma rabin karp naskah publikasi,” pp. 1–20, 2013.

Departemen Pendidikan dan kebudayaan, “PUSAT BAHASA DEPDIKBUD REPUBLIK INDONESIA,” 2008. [Online]. Available: http://www.badanbahasa.kemendikbud.go.id/kbbi/index.php. [Accessed: 31-Dec-2014].

Haytham I.M Alzeini, Shihab A Hamed, and Mohamed H Habaebi, "Optimizing OLAP Heterogeneous Computing Based on Rabin-Karp Algorithm," in Proc. of the IEEE International Conference on Smart Instrumentation, Measurement and Applications (ICSIMA), Kuala Lumpur, November 2013, pp. 26-27.

L. Agusta, U. Kristen, and S. Wacana, “PERBANDINGAN ALGORITMA STEMMING PORTER DENGAN ALGORITMA NAZIEF & ADRIANI UNTUK STEMMING DOKUMEN TEKS BAHASA INDONESIA,” pp. 196–201, 2009.

Meusche Norman and Gip Bela, "Citation Pattern Matching Algorithms for Citation- based Plagiarism Detection: Greedy Citation Tiling, Citation Chunking and Longest Common Citation Sequence. Proceeding of the 11th ACM Symposium on Document Engineering," in Proceeding of the 11th ACM Symposium on Document Engineering, California, 2011.

N. Made, A. Lestari, I. K. Gede, D. Putra, A. A. Ketut, and A. Cahyawan, “Personality Types Classification for Indonesian Text in Partners Searching Website Using Naïve Bayes Methods,” vol. 10, no. 1, pp. 1–8, 2013.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v5i1.1776

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License