IKLAN: KOMUNIKASI SENI ATAU DESAIN ?

Hendy Yuliansyah

Sari


 

ABSTRAK

 

 

Komunikasi seni dan desain, sering menjadi pembedaan yang tidak terdefinisikan. Ruang praktis seni dikelola langsung oleh seniman-seniman, sedangkan desain digawangi oleh para desainer. Karya seni dan desain yang tertuang pada iklan dompet dhuafa menjelaskan bagaimana sisi-sisi kualitatif dapat menjelaskan bagaimana keterkaitan dan kekuatan dari seni dan desain, artinya baik seni dan desain sebagai sarana utama bagi siapapun dalam mengungkapkan pesan-pesan tertentu, dna hal ini sebagai pengembangan khazanah manusia terhadap berbagai ilmu yang mesti dikembangkan kemanfaatannya. Melalui penelitian deskriptif analisis, penelitian ini menjelaskan bahwa seni dan desain dibedakan dari fungsi secara pribadi dan fungsi untuk khalayak, yang selanjutnya dibedakan dengan jumlah karya yang ada dan dipesan oleh masyarakat.

 

Kata kunci : desain, pribadi, seni, masyarakat. 

 

 

Communication of art and design often becomes a distinction that is not defined. The practical space of art is managed directly by artists, while design is fronted by designers. Art works and designs contained in wallet dhuafa advertisements explain how the qualitative side can explain how the interrelationships and strengths of art and design, meaning both art and design as the main means for anyone to express certain messages, and this as the development of treasures human beings to various sciences that must be developed for their usefulness. Through descriptive analysis research, this study explains that art and design are distinguished from personal functions and functions for audiences, which are then distinguished by the number of works that are available and ordered by the public.

 

Keywords: design, personal, art, society.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mulyana, Deddy.(2008). Komunikasi Efektif. Rosda: Bandung

Masri, Andry (2010). Strategi Visual. Jalasutra: Yogyakarta

Tabrani, Primadi. (2009). Bahasa Rupa. Kelir: Yogyakarta

R Severin J. Werner. (2001). Teori Komunikasi.Prenada Media: Jakarta

Toekio M, Soegeng.(2007) Poster. Kelir: Yogyakarta.




##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI