Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Tari Jaipong Bagi Remaja di Kota Bandung

Arfie Rasyid Muslim, Agus Triyadi

Sari


ABSTRAK

Tujuan yang melatar belakang penyusunan perancangan komunikasi visual ini adalah rendahnya tingkat kesadaran pelestarian kebudayaan dan kesenian tari Jaipong dikalangan remaja, selain bertujuan menjadi pengingat juga diharapkan dapat menjadi peningkat kepedulian terhadap pelestarian kesenian tari Jaipong. Metode penelitian yang digunakan dengan cara terjun ke lapangan untuk mencari data dan mewawancarai langsung masyarakat dan pegiat tari jaipong. Penelitian dilaukan di kampus ISBI Bandung jurusan Tari. Hasil penilitian dan Perancangan komunikasi visual ini lebih menitikberatkan pada media yang sering dilihat oleh para remaja diperkotaan, yaitu melalui visualisasi videografi dan katalog fotografi. Gaya visual ini dipilih dikarenakan dapat cepat menyampaikan pesan kampanye yang dimuat. Diharapkan masyarakat dapat mengetahui dan memahami pentingnya tarian daerah ini dan dapat melestarikannya.

 

Kata Kunci: Komunikasi visual, tari Jaipong

 

 

ABSTRACT

The background behind the preparation of this visual communication design is the low level of awareness of Jaipong culture and dance preservation among adolescents, in addition to being a reminder that it is also expected to be an enhancer of concern for Jaipong dance art preservation. The research method used by plunging into the field to find data and interview the community and jaipong dance activists. The research was conducted at the ISBI Bandung campus majoring in Dance. The results of this research and design of visual communication focus more on the media that is often seen by teenagers in the city, namely through the visualization of videography and photography catalogs. This visual style was chosen because it can quickly convey campaign messages that are loaded. It is hoped that the community can know and understand the importance of this regional dance and can preserve it.

 

Keyword: Visual Comunication, Jaipong

Kata Kunci


Komunikasi visual, tari Jaipong

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Rafisqy, Z. G. (2017, Oktober 28). Ekspektasia. Diambil kembali dari ekspektasia.com: https://ekspektasia.com/tari-jaipong/

Galuh, A. F. (2017, November 20). Persuasif Dalam Iklan Layanan Masyarakat. Diambil kembali dari kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/angelicagaluh/5a120bc85a676f362764a3e2/teori-persuasif-dalam-iklan-layanan-masyarakat

Karyadi, B. (2017). Belajar Fotografi. Bogor: NahlMedia.

Kurnia, M. (2016). Tari Tradisi Melayu Eksistensi dan Revitalisasi Seni. Medan: Puspantara.

Mahmud, D. (2015, Mei 21). Tradisi Kita. Diambil kembali dari http://www.tradisikita.my.id: http://www.tradisikita.my.id/2015/05/10-tari-tradisional-dari-jawa-barat.html

School, I. D. (2015, Januari 10). International Design School. Diambil kembali dari idseducation.com: https://idseducation.com/articles/fotografi-menurut-para-ahli/

Wijaya, L. (2017, Oktober 03). Videografreak. Diambil kembali dari Videografreak.com: https://videografreak.com/yang-perlu-kamu-tahu-tentang-videografi/




##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI