Perancangan Visual Brand Army City untuk Menunjang Promosi Batik Kota Cimahi

Agus Ramdan Nurjaman

Sari


ABSTRACT

The design of the study was intended to inform and introduced batik of Cimahi through the design a brand Army City. The design a brand Army City to promote batik of Cimahi use the qualitative method is descriptive by understanding the data obtained, in the form of survey directly to the community Cimahi City. Batik of Cimahi is the batik is still considered new, hence batik of Cimahi need to be promoted so the citizens own Cimahi city know that Cimahi also owns batik design of any its territory. Brand Army City as a medium alternative to promote batik of Cimahi city will be to provide batik innovation applied to that packed interesting and unique.This brand will be to provide fashion who follows of era development, so as to make the community more interested and be attracted to only know batik Cimahi especially addressed to teenagers mature.  Brand Army city is expected to introduced change the perception of teenagers and adults against batik used in certain places that impressed old and formal.

Keywords : Batik of Cimahi, Innovation of Fashion, Brand Army City

                                                                            

ABSTRAK

Perancangan dari penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan dan mengenalkan batik kota Cimahi melalui perancangan sebuah brand Army City. Perancangan sebuah brand Army City untuk mempromosikan batik kota Cimahi menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan memahami data yang didapat, berupa penelitian secara langsung ke masyarakat kota Cimahi. Batik Cimahi merupakan batik yang terbilang masih baru, oleh karena itu batik kota Cimahi perlu dipromosikan agar masyarakat kota Cimahi sendiri mengetahui bahwa Cimahi juga mempunyai batik khas dari setiap daerahnya. Brand Army City sebagai media alternatif untuk mempromosikan batik kota Cimahi ini berupa inovasi batik terapan yang dikemas menarik dan unik. Brand Army City ini berupa fashion yang mengikuti perkembangan jaman, sehingga membuat masyarakat lebih berminat dan tertarik untuk mengenal batik Cimahi khususnya yang ditujukan kepada remaja dewasa.Brand Army City diharapkan dapat mengenalkan batik kota Cimahi dan merubah pandangan remaja dewasa terhadap batik yang dipakai di tempat-tempat tertentu yang terkesan tua dan formal.

Kata kunci : Batik Cimahi, Inovasi fashion, Brand Army City

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hendratman, Hendi. (2006). Tips dan Trik Computer Graphic Design. Bandung: Informatika.

Irawan, Bambang, Priscilla Tamara. (2013). Dasar-Dasar Desain. Jakarta: Griya Kreasi.

Pentasari, Ria. (2007). Chic In Kebaya. Jakarta:Erlangga.

Rangkuti, Freddy. (2002). The Power Of Brand. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saladin, H. Djaslim. (2007). Intansi Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu.

Sihombing, Danton. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Susanto, A.B, Himawan Wijarnako. (2004). Power Branding Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Mizan Pustaka.

Tim Sanggar Batik Barcode. (2010). Batik. Jakarta: Kata Buku.

Cahyadi, David. (2011). Promosi lifestyle mods kepada masyarakat di kota Bandung melalui komunitas the syndicates. Bandung: Universitas Maranata.

Valentina, Clarisca. (2014). Ekspolari Ragam Hias dengan Teknik Digital Print dan Pleat pada Gaun Malam Wanita, Inspirasi dari Citra Hutan Tropis Kalimantan, Indonesia, Jurnal Program Studi Sarjana Kriya. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Bandung.

http://www.artikelsiana.com

www.cimahikota.go.id

http://www.apapengertianahli.com

http://www.duniapelajar.com

http://fitinline.com

http://impressions.co.id

http://www.jabarprov.go.id

http://www.seputarpengetahuan.com

http://balareabatikjabar.org

http://lpmt-fenomena.com

http://www.pendidikanekonomi.com

http://www.ahlidesain.com






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI