Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Untuk Mempromosikan Seni Ketangkasan Adu Domba

Agus Saepul Rohman

Sari


ABSTRAK
Seni ketangkasan Adu domba Garut ini merupakan permainan ketangkasan dan seni pertunjukan rakyat yang berkembang pada masyarakat sunda dan Jawa Barat, Kesenian ini menampilkan ketangkasan jenis domba Garut (priangan) yang "diadukan" berdasarkan peraturan yang sudah disepakati bersama. Dalam mempromosikan nya kesenian ini kalah bersaing dengan kegiatan lain yang sudah menggunakan berbagai macam media baik media cetak maupun media digital, maka untuk mempromosikan kesenian ini dibuatlah iklan layanan masyarakat tentang Seni Ketangkasan Adu Domba. Iklan layanan masyarakat itu sendiri merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi persusasif atau mendidik khalayak yang bersifat sosial, agar masyarakat sebagai audience dapat bertambah pengetahuannya, bertambah kesadaran dan sikapnya, serta berubah perilakunya agar mempunyai pandangan positif dan kehidupan lebih baik. Dengan adanya iklan layanan masyarakat ini diharapkan dapat menarik minat dan rasa ingin tahu masyarakat, menambah pengetahuan tentang kenenian ini dan menambah jumlah wisatawan yang datang ke kabupaten Garut sehingga kesenian ini tetap bertahan di zaman globalisasi pada saat ini.

Kata Kunci: Seni,Ketangkasan, Adu Domba, Promosi, Iklan Layanan Masyarakat

ABSTRACT
Art agility agape Garut sheep is a game of dexterity and art of folk performances that developed in the Sundanese society, this art shows the agility of Garut sheep type (priangan) that "complained" based on the rules that have been agreed upon. In promoting his art is less compete with other activities that have been using various media both print media and digital media, then to promote this art is made public service ads about the Art of Aging Sheep Dance. The public service advertisement itself is an advertisement used to convey persuasive information or educate a social audience, so that the community as an audience can gain more knowledge, increase awareness and attitude, and change its behavior in order to have a positive outlook and a better life. With the public service ads is expected to attract public interest, increase knowledge about this kenenian and increase the number of tourists coming to Garut regency so that this art remains in the era of globalization at this time.

Keywords: Art, Agility Sheep, Dance, Promotion, Public Service Ads

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hendratman, Hendi. (2015). Computer Graphic Desain. Bandung: Informatika Bandung.

Moleong, Lexy j. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sarjani, Anno D. (2008). Kamus Kesenian Nusantara. Bandung: Gaza Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut. (2010). Sejarah Kabupaten Garut. Diambil dari: http://www.garutkab.go.id/pub/static_menu/detail/sekilas_sejarah. (19 Mei 2017).

Fokus Jabar. 2017. HPDKI dan BUMDES Leles Gelar Kontes Domba Garut. Diambil dari: http://fokusjabar.com/2017/05/13/hut-kodam-ke-71-hpdki-dan-bumdes-leles-gelar-kontes-domba-garut/. (18 Juli 2017).






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI