Hubungan Antara Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok

nurlaela eva puji lestari

Abstract


Sumber daya manusia dalam suatu perusahaan merupakan faktor utama agar perusahaan dapat tetap unggul. Mengelola karyawan tidak hanya dengan memberikan deskripsi pekerjaan yang diberikan kepada mereka, tetapi perlu adanya hubungan yang positif antara perusahaan dengan karyawan untuk mencapai tujuan bersama. Motivasi merupakan salah satu cara agar karyawan dapat produktif dan berenergi dalam menyelesaikan pekerjaan. Pada dasarnya pemberian motivasi adalah hak para karyawan dan merupakan kewajiban bagi pihak perusahaan untuk mendukung karyawan agar para karyawan dapat lebih meningkatkan volume dan mutu pekerjaan yang menjadi tanggung jawab. Produktivitas merupakan hal yang penting bagi suatu organisasi perusahaan baik itu yang bergerak di bidang produksi barang maupun jasa. Secara umum produktivitas adalah perbandingan antara output (hasil) dengan input (masukan). Sampel yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitina ini berjumlah 34 karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara Motivasi Kerja (X) Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Y) pada BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok”. Berdasarkan analisis dan pengolahan data berdasarkan perhitungan koefisien korelasi dapat diketahui bahwa motivasi kerja memiliki hubungan yang kuat yaitu sebesar 0.795 dan menurut hasil perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui cukup besar yaitu 63.2 %, jadi hubungan antara motivasi kerja (X) dan Produktivitas Kerja karyawan (Y) dapat disimpulkan memiliki hubungan yang kuat.


Full Text:

PDF

References


Ainnisya, R. N., & Susilowati, I. H. (2018). Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Hotel Cipta Mampang Jakarta Selatan, II(1), 133–140. https://doi.org/10.31294/WIDYACIPTA.V2I1.2989

Hanif, A. (2018). Menggunakan Stepwise Linear Regression Untuk Menentukan Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja, 5(1), 73–80.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lestari, N. E. P. (2018). Pengaruh Motivasi,Kompetensi, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Geotech Sistem Indonesia. Moneter, 5(1), 99–104.

Mangkunegara, A. P. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan Cetakan Kedua Belas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Nurmalasari. (2016). Dampak Kompensasi Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Pasifik Jaya Mandiri Pontianak, 4.

Siswanto, B. (2014). Manajemen Tenaga Kerja Rancangan dalam Pendayagunaan dan Pengembangan Unsur Tenaga Kerja. Bandung: Sinar Baru.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widodo, S. E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v17i1.5232