ANALISA PERANAN KOMUNIKASI DAN PSIKOLOGI AUDIT DALAM PELAKSANAAN TUGAS DI PT ALARSY

Andi Martias

Abstract


ABSTRAK

 

Perkembangan perusahaan dituntut dewasa ini melaju sangat cepat seiring dengan  perkembangan jaman pada era globalisasi. Perkembangan ini membuat auditor internal turut berperan dalam implementasi pencapian tujuan perushaan di perusahaan.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan terhadap tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah  memaksimalkan peran internal control terhadap setiap proses yang ada pada unit – unit di perusahaan baik cabang maupun kantor pusat. Internal Control dilaksanakan untuk tujuan bisnis dalam skala yang lebih luas mencakup maksimalisasi laba, layanan pelanggan, perbaikan produk atau proses, dll (disamping tujuan yang lebih tradisional seperti ketaatan pada aturan, kebijakan, prosedur, keandalan laporan keuangan dan pengamanan asset).

Dalam melaksanakan tugas adalah masalah-masalah yang dilihat dari aspek budaya kerja , sumber daya manusia, undang-undang dimana setiap aspek masalah ini berdampak pada proses komunikasi dan psikologi audit dalam melaksanakan tugas.

Membutuhkan keaktifan manajemen maupun tim kerja internal kontrol yang secara langsung terlibat dalam pencapaian tujuan tersebut untuk melakukan penilaian. Komunikasi dan Psikologi audit merupakan faktor yang sangat berperan penting dalam mempengaruhi tugas auditor dilapangan manakala secara langsung maupun tidak langsung harus berhadapan atau berhubungan dengan auditee.

 

Kata Kunci : Internal Control, Komunikasi Audit, Psikologi audit.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v17i1.4791