Pengaruh Promosi Online Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar

Taat Kuspriyono

Abstract


Abstraksi – Promosi merupakan bagian penting dalam pemasaran produk dan salah satu cara khusus dalam memperkenalkan produk kepada audiens. Saat ini promosi online saat ini sangat berperan dalam mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Tak hanya itu, peran kemasan produkpun diciptakan oleh perusahaan dan memiliki andil dalam menarik minat konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi Online dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Sariayu dari Martha Tilaar Group. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian  kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan pelanggan dan follower instagram Sariayu Martha Tilaar sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan accidental sampling dengan responden sebanyak 100 pelanggan Sariayu Martha Tilaar. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Promosi Online berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Martha Tilaar (2) Kemasan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Martha Tilaar (3) Promosi Online dan Kemasan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Martha Tilaar.

 

Kata Kunci: Sariayu Martha Tilaar, Promosi Online, Kemasan, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Aditya Hadi Pratama. (2017). Perkembangan Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2016 Terbesar di Dunia, diakses tanggal 10 Juni 2017 dari https://id.techinasia.com/pertumbuhan-pengguna-internet-di-indonesia-tahun-2016.html.

Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Campbell, Damon E and Ryan T Wright. (2008). Understanding the Role of Relevance and Interactivity on Costumer Attitudes. Journal of Electronic Commerce Research, Vol. 9, No. 1, h. 62-76.

Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Kerlinger. (2006). Asas-asas Penelitian Behavioral Edisi Ketiga. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Pribadi, Wikan. (2010). 16 Cara Efektif Mendatangkan Pelanggan Lewat Internet (edisi-1). Jakarta Selatan: Kawah Media.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta

Swastha DH., Basu dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas, Yogyakarta: Liberty Offset.

Martha Tilaar Group. (2017). Profil Perusahaan Martha Tilaar Group, diakses 10 Juni 2017 dari http://www.marthatilaargroup.com/id/perusahaan.html.

Noor, Juliansyah. (2012). Metodologi Penelitian Skripsi. Tesis. Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tjahjono, Subagio dkk. (2013). Business Crime and Ettics : Konsep dan Studi Kasus Fraud di Indonesia dan Global. Yogyakarta : ANDI.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Tony, Lin. (2017). Penetrasi Internet di Indonesia Capai 40 Persen, diakses 9 Juni 2017 dari htttp://www.republika.co.id/berita/trendtek/internet/17/05/12/opugiw359-penetrasi-internet-di-indonesia-capai-40-persen.html.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v15i2.2231

Copyright (c) 2017 Perspektif



 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License