Analisa Keputusan Pemilihan Aplikasi Chatting Untuk Group Pada Pengguna Smartphone Android Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP)

Nani Agustina

Abstract


AbstrakPerkembangan teknologi smartphone yang menggunakan sistem operasi android meningkatkan penggunaan aplikasi sosial media dalam bentuk aplikasi chatting untuk group seperti  WhatsApp, Line, dan BBM. Para pengembang aplikasi berlomba-lomba untuk mengembangkan fitur dan melakukan promosi untuk meningkatkan jumlah penggunanya dengan masing-masing keunggulan. Studi ini dilakukan untuk mengetahui prioritas para pengguna smartphone dalam memilih aplikasi chatting untuk group atau komunitasnya, masing–masing dan prioritas kriteria-kriteria dalam pemilihan aplikasi chatting untuk group sebagai media sosial dengan Kriteria-kriteria tersebut dianalisis oleh metode AHP (Analitycal Hierarchy Prosess) yang mampu memberi urutan terbaik sehingga menghasilkan kriteria dan alternatif dengan bobot nilai tertinggi. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan kriteria jumlah pemakai, fitur, kecepatan akses, dan kemudahan pemakai guna mendapatkan hasil prioritas aplikasi chatting untuk group yang dipilih oleh para pengguna smartphone android adalah Whatsapp dengan nilai tertinggi 0,355 (35,5%), disusul oleh BBM dengan nilai 0,333 (33.3%), dan terakhir adalah LINE dengan nilai  0,312 (31.2%).

 

Kata Kunci: Chatting, android, AHP


References


Abdurrahman, M. M. (2011). Panduan Praktis Memahami Penelitian. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Aritonang, L. R. (2016). Riset Operasi. Bogor: In Media.

Darmawan, A. (2014). Pemilihan Sistem Learnin Management System (LMS) Metode AHP Menggunakan Criterium Decision Plus 3.0. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta 7(3), 260-270.

Madcoms. (2015). Mudah Menggunakan Internet Untuk Pemula. Yogyakarta: Andi Offset.

Marimin, M. N. (2010). Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor: IPB Press.

Suryadi, k. R. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealisasi Dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zulfa, M. C. (2015). Analisa Pemilihan Aplikasi Chatting Para Pengguna Smartphone Android Dengan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process. Jurnal Disprotek.




DOI: https://doi.org/10.31294/p.v19i2.2207

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836, ext. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License