PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ZAKAT, INFAQ, SHADAQOH, WAQAF DAN HIBAH MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Susi Susilowati

Abstract


Pada era globalisasi saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang pesat. Segala sesuatu dituntut dikerjakan dengan cepat dan teliti. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan. penggunaan teknologi secara maksimal. Teknologi dalam hal ini adalah komputer memang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Dengan komputer maka kinerja perusahaan akan semakin meningkat.
Baytul Maal Bogor adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang pengelolaan zakat dimana dalam pengelolaannya masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu sistem informasi pengelolaan zakat berbasis komputer. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Zakat, Infaq, Shadaqoh, Waqaf dan Hibah (ZISWAH) menggunakan metode Waterfall sebagai alur dari pengembangan sistem. Analisis maupun perancangannya menggunakan model unified modelling language (UML) yaitu usecase diagram untuk menggambarkan kebutuhan fungsi yang diperlukan oleh sistem, activity diagram untuk menggambarkan logika prosedural sistem dan class diagram untuk perancangan databasenya. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu proses pengelolaan zakat menjadi lebih cepat, tepat dan akurat.

References


Darmawan, Deni. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Rosda

Dwipratama, Agung. Pandu. 2011. Sistem Informasi Manajemen Zakat, Infaq dan Sedekah pada Badan Amil Zakat Nasional. Jakarta: UIN Syafif Hidayatullah.

Jogiyanto, HM. 2014. Analisis dan Desain, Yogyakarta: Andi Offset.

Fathansyah, 2012. Sistem Basis Data. Bandung: Informatika

Rosa, A.S dan M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.




DOI: https://doi.org/10.31294/p.v19i1.1678

ISSN2579-3500

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836, ext. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License