PERANAN PENERIMAAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT

sabil sabil

Abstract


Abstrak

Pajak iklan merupakan salah satu bagian dari pendapatan asli, jurnal ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi pajak iklan terhadap pendapatan asli, objek penelitian yang dilakukan di Kabupaten Bogor, metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, serta studi pustaka yang bersumber dari sejumlah literatur yang mencakup buku referensi yang bisa mendukung isi tulisan, maka sejumlah situs internet, data olahannya dari tahun 2011 sampai 2016, hasil yang diraih ada kontribusi terhadap tagihan iklan asli derah tapi Di bawah 1%, hanya di tahun 2011 yang mencapai 1% lebih, nilai uang bahwa pajak iklan selalu melebihi target yang di atas 100% rata-rata kecuali 2015 di bawah 100%.  Pada 2011, target dibandingkan realisasi meningkat: target Rp.429.547.509, 2012 dibandingkan realisasi meningkat: Rp. 545.280.964, pada tahun 2013 target dibandingkan realisasi meningkat: Rp.497.536.478, pada tahun 2014 ditargetkan dibandingkan dengan realisasi kenaikan: target Rp.168.276.787,90, 2015 dibandingkan dengan realisasi target dibandingkan dengan realisasi Berkurang: Rp 1.199.622.317) Pada tahun 2016 target dibandingkan realisasi meningkat: Rp.2.985.371.706
 
Kata kunci: Pajak Periklanan, Pendapatan Asli Daerah


Full Text:

PDF

References


Adisasmita, R. (2011). Pembiayaan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Adrian, S. (2008). Hukum Pajak dan Retribusi Daerah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Anonim. (2010). Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2010 Tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah. Indonesia: Dirjen Pajak.

Nurcholis. (2007). Pendapatan Asli Daerah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Samudra, A. A. ( 2015.). Perpajakan di Indonesia: Keuangan, Pajak dan Retribusi Daerah. Jakarta: Rajawali Pers PT. Rajagrafindo Persada.

Sayugo, A. P. (2016). Pengaruh Pajak Reklame Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Berau. Jurnal Ekonomi Manajemen , Vol 10 No.1.

Siahaan, M. P. ( 2010). Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Watini Sri, I. S. (2010). Pengaruh Pemungutan Pajak Reklame Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Kota Bandung,. Jurnal Akuntansi Vol.2 No.2 November , 181-201.




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v4i2.2230

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License