Analisa Kinerja Keuangan Perusahaan Pendekatan Rasio Penentu di Bursa Efek Indonesia

Andi Martias

Abstract


Penelitian dilakukan untuk menganalisis rasio keuangan Fixed Asset Turnover, Asset Turnover, Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Debt to Equity Ratio dan Risk Based Capital sehingga dapat ditemukan rasio penentu kinerja keuangan perusahaan asuransi lokal di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan jasa sektor asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan adalah perusahaan sektor Asuransi di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016

Diperoleh kesimpulan bahwa: Fixed asset turnover  tidak  berpengaruh yang signifikan antara fixed asset turnover  terhadap kinerja keuangan. Asset Turnover berpengaruh positif dan signifikan antara asset turnover  terhadap kinerja keuangan. Curent Ratio berpengaruh positif dan signifikan antara current ratio terhadap kinerja keuangan. Debt to Asset Ratio berpengaruh positif dan signifikan antara debt to asset ratio terhadap kinerja keuangan. Debt to equity ratio  mempunyai pengaruh yang tidak signifikan antara debt to equity ratio terhadap kinerja keuangan. Risk Based Capital berpengaruh positif dan signifikan antara risk based capital terhadap kinerja keuangan.

 

Kata kunci: Fixed asset ratio, asset turnover, current ratio, debt to asset ratio, debt to equity ratio, risk based capital, return on equity.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v4i2.1987

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License