PENERAPAN SISTEM INFORMASI DALAM PENGELOLAAN REKAM MEDIS HASIL LABORATORIUM

Bambang Kelana Simpony, Deddy Supriadi, Amanda Alfina, Herlan Sutisna

Sari


Laboratorium merupakan bagian dari pelayanan kesehatan yang diperlukan untuk menunjang upaya peningkatan kesehatan, pencegahan dan pengobatan pasien. Pelayanan yang cepat, tepat dan cermat hanya dapat terwujud apabila laboratorium didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dan berfungsi dengan baik. Pengelolaan pada sistem yang sedang berjalan di Laboratorium Klinik Bakti Tunas Husada dalam pembuatan laporan hasil pemeriksaan, pencatatan laporan pemeriksaan, struk pembayaran pasien, dan laporan pendapatan masih menggunakan sistem manual dan dicatat dalam buku. Sehingga sering terjadi kesalahan dalam  pencatatan, membutuhkan waktu lama dalam membuat surat hasil pemeriksaan pasien karena pemeriksa laboratorium harus memasukan jenis dan angka normal pemeriksaan. Masalah  lainnya yang sering terjadi yaitu dalam transaksi pembayaran dan laporan pendapatan pemeriksa harus mencatat, menghitungnya secara manual dan kurang akuratnya laporan pendapatan yang dibuat dan keterlambatan pencarian data yang diperlukan. Berdasarkan permasalahan, maka dirancang suatu aplikasi rekam medis hasil laboratorium berbasis web dengan metode waterfall dan menggunakan pemrograman PHP serta database MySQL. Dengan adanya aplikasi berbasis web dapat mempermudah dan mempercepat dalam pengolahan data seperti pembuatan surat hasil pemeriksaan, struk  pembayaran otomatis, dan laporan pendapatan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Solichin, Achmad. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. budi luhur.

Suprianto, Andi, dan Asri Amaliza. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pendaftaran Pasien Online Dan Pemeriksaan Dokter Di Klinik Pengobatan Berbasis Web.7(1), 48–58.

Anhar. (2016). Panduan Bijak Belajar Internet untuk Anak. Sukabumi: Adamsein Media.

Ardiansyah, Doni. (2016). Sistem Informasi Pendaftaran Event dengan PHP untuk Panduan Skripsi. Cirebon, jawa barat: CV. ASFA Solution.

Bekti, Bintu Humairah. (2015). Mahir Membuat Website dengan AdobeDreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: Andi.

Fathansyah. (2015). Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.

Hayubi, M. A., Zainal Arifin dan Fuadz Hasyim. (2016). Sistem Informasi Pengecekan Dan Monitoring Laboratorium Komputer Di STTNJ Berbasis Android dan Web. 8, 37–42.

Indarti, dan Dewi Laraswati. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web Pada Klinik Umum Galur Medika Jakarta Pusat. 71–76.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya (5th ed.). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

AS., Rosa dan Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Anori, S. R., Kasman Rukun, dan Yasdinul Huda. (2016). Rancang Bangun SIstem Informasi Laboratorium SMKN 2 Payakumbuh Berbasis Web. 4(2).

Rio, Agus Setyawan. (2016). Sistem Informasi Laboratorium Pada Klinik Pratama Nusa Medika Modjopanggoong. 1–10.

Sundari, Jenie. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web. 2(1), 44–49.

Tamara, Daisy, Rohmat Tulloh dan Hafidudin. (2018). Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Lboratorium D3 Teknik Telekomunikasi Berbasis Web. 4(3), 2653–2662.

Siahaan, Vivian, Rismon Hasiholan Sianipar. (2018). JavaScript: Dari A Sampai Z. sparta publisher.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v7i2.6564

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v7i2.6564.g3744

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta