Aplikasi Sistem Manajemen Logistik Obat pada Dinas Kesehatan Kota Pontianak Berbasis Web

Dedi Saputra, Martias Martias, Rochfi Tri Sarfani

Abstract


Berdasarkan dari pemikiran manusia perkembangan komputer semakin pesat, komputer dapat mempermudah pekerjaan disegala bidang, salah satu yang dapat dilakukan komputer untuk mempermudah pekerjaan adalah dengan banyaknya informasi yang beredar di masyarakat, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware maupun software. Dinas Kesehatan Kota Pontianak membutukan sekali adanya suatu sistem informasi pengolahan obat di gudang farmasi. Untuk itulah penulis mencoba membuat Penelitian yang mengenai sistem pengolahan obat dan permintaan obat. Sampai saat ini belum terkomputerisasi. Pada saat ini Dinas Kesehatan Kota Pontianak berupa suatu instansi yang bergerak dalam bidang kesehatan. Sistem yang ada pada Dinas Kesehatan Kota Pontianak ini masih dilakukan secara manual atau bisa disebut menggunakan bawaan software komputer, mulai dari laporan permintaan obat, pencatatan stok obat masuk maupun keluar, sampai penyimpanan datat-data lainnya yang berhubungan dengan proses pengolahan obat hingga sampai pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Sistem Manajemen Logistik Obat berbasis Web ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada instansi ini, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifasi pada instasi ini. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar berjalan lebih efektif dan efisien serta sistem pengolah obat yang sekarang lebih kondusif dibandingkan dengan sistem yang terdahulu.

 

Kata kunci: Sistem, Obat, Dinas Kesehatan, Pontianak


Keywords


Kata kunci: Sistem, Obat, Dinas Kesehatan, Pontianak

Full Text:

PDF

References


Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.

Andita Utari. 2014. Cara pengendalian Persediaan Obat Paten dengan metode Analisa ABC, Metode Economic Order Quantity (EOQ) Unit gudang farmasi Diambil dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25499

( 20 November 2016)

Arief, Rudyanto M. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Badiyanto. 2013. Buku Pintar Framework Yii. Yogyakarta: MediaKom.

Faridl, Miftah. 2015. Fitur Dahsyat Sublime Text 3. Diambil dari: http://lug.stikom.edu/wp-content/media/Fitur-Dahsyat-Sublime-Text-3.pdf. (20 November 2016).

Hidayatullah, Priyanto dan Jauhari Khairul Kawistara. 2015. Pemrograman Web. Bandung: Informatika.

Hakim, Lukmanul. 2013. Proyek Website Super Wow dengan PHP & jQuery. Yogyakarta: Lokomedia.

Kadir, Abdul dan Terra Ch. Triwahyuni. 2013. Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Ladjamudin, Al-Bahra, Bin. 2013. Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Oktavian, Diar Puji. 2013. Membuat Website Powerfull Menggunakan PHP. Yogyakarta: MediaKom.

Pratama, Putu Agus Eka. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika.

Pradani, Winangsari, Ade Jamal, Arie Wahyu Triansyah dan Annisa Utami1. 2013. Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Teknologi Google Web Toolkit (GWT). Diambil dari http://jurnal.uai.ac.id/index.php/SST/article/download/130/119.

(20 November 2016).

Purnomo, Paransa Widi. 2013. Pembuatan Media Pembelajaran Reaksi Kimia Berbasis Multimedia Interaktif. Diambil dari: http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_04.12.1022.pdf.

(20 November 2016)

Rosa dan M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Sibero, Alexander F.K. 2013. Web Programming Power Pack. Yogyakarta: MediaKom.

Sigit, Aloysius W. 2011. Website Super Canggih dengan Plugin JQuery Terbaik. Jakarta: Mediakita.

Yun Yun , Asep kurniawan 2014. Supply Chain In Logistik Dalam Kaitannya Dengan Ketahanan Pangan Di Perdesaan. Diambil dari http://library.stmt-trisakti.ac.id/jurnal/index.php/JMBTL/article/download/2/pdf.

(20 November 2016)




p-ISSN  2339-1928

e-ISSN 2579-633X


Editor's Address:

AMIK BSI Pontianak

Jl. Abdurrahman Saleh No.18 A Pontianak, Kalimantan Barat 78124

Telp : (0561)583924

Fax : (0561) 583934

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by: