Media Pembelajaran Pengenalan Hewan-Hewan Khas Kalimantan Berbasis Android Mobile Learning (Studi Kasus: TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5)

Muhammad Sony Maulana, Ade Muhammad Firman Hardiansyah

Abstract


Pembelajaran merupakan aktivitas yang dilakukan oleh tenaga pengajar dan peserta didik dalam lingkungan belajar yang membutuhkan komponen-komponen pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, pendidik, peserta didik, metode pembelajaran, media pembelajaran dan lingkungan pembelajaran. Media pembelajaran dapat dibagi menjadi dua yaitu melalui media cetak dan media digital. Melihat perkembangan terkini dimana semakin banyaknya pengguna smartphone dan tablet, dari usia dewasa hingga anak-anak tentunya memerlukan kontribusi di dunia pendidikan dalam bentuk media pembelajaran mobile (digital) Mengingat bahwa usia anak-anak memiliki daya tangkap yang lebih lamban ketimbang dewasa. Maka perlu dibuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak. Tujuan dari penelitian ini membangun sebuah media pembelajaran berbasis android mobile learning yang mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak dalam pengenalan hewan-hewan khas Kalimantan. Metode yang digunakan adalah Software Development Life Cycle (SDLC) yang didukung dengan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil yang didapatkan bahwa media pembelajaran berbasis android mobile learning dapat menarik minat anak dalam belajar dan mengingat sehingga dapat meningkatkan efesiensi anak dalam belajar.

Kata Kunci : pembelajaran, media digital, pembelajaran berbasis android mobile


Full Text:

PDF


p-ISSN  2339-1928

e-ISSN 2579-633X


Editor's Address:

AMIK BSI Pontianak

Jl. Abdurrahman Saleh No.18 A Pontianak, Kalimantan Barat 78124

Telp : (0561)583924

Fax : (0561) 583934

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by: