Pembuatan Batik Tulis Dengan Pewarna Alam Untuk Busana Bagi Anggota PKK Dan Karang Taruna, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta

R. Jati Nurcahyo, Yulianto - AKPAR BSI Yogyakarta

Sari


Abstract - Program of the government Bantul Yogyakarta that Srimulyo village included within the rural tourism destinations are certainly in the process of developing the Tourism Village, then gradually Srimulyo village should have its own characteristics to be potentially Tourism Village and cultured. Making Batik Village Srimulyo based on the number of batik materials are made of synthetic materials (chemicals). The target of making batik with Natural Dyes are members of the PKK (Family Welfare Guidance) and the Youth in the village of Srimulyo Piyungan Bantul which takes 8 months to 1 year, which will produce products / goods such as batik on clothing. Batik is later participants will make various motif is one of the creations, innovation with purpose can be used for the manufacture of batik clothing and as a new business is quite promising. The method of implementation through several stages namely the observation of the place, the conditions, needs anything, the permitting process. It also carried out the implementation stages, especially in the process of making batik with natural colors shaped theory and practice. Stages of the process of making batik with Natural Dyes namely: memordan fabric, make patterns, memola, batik, boiling extract natural color material and soak in a solution of TRO then processed according to the existing path through the coloring process is first and followed by a second staining. Making batik from natural dyes for the PKK and coral Taruna originally from batik ultimately can not afford to make batik with Natural Dyes with good results. The Community Service participants are expected to develop and produce in the form of batik fabrics and clothing with Natural Dyes.

Keywords : batik motifs, Natural Dyes, village tourism

 

Abstrak - Program dari pemerintah Kabupaten Bantul Yogyakarta bahwa Desa Srimulyo termasuk dalam kawasan destinasi desa wisata yang tentunya dalam proses pengembangan Desa Wisata, maka desa Srimulyo secara bertahap harus memiliki ciri khas sendiri untuk menjadi Desa Wisata yang berpotensi dan berbudaya. Pembuatan Batik Tulis di Desa Srimulyo didasarkan pada banyaknya bahan-bahan batik yang yang terbuat dari bahan sintetik (kimia). Target pembuatan batik tulis dengan Pewarna Alam adalah anggota PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) dan Karang Taruna di Desa Srimulyo Piyungan Bantul yang membutuhkan waktu 8 bulan sampai 1 tahun yang nantinya akan menghasilkan produk/barang berupa batik tulis khusus untuk busana. Batik tulis ini nantinya peserta akan membuat berbagai motif batik yang merupakan salah satu kreasi, inovasi dengan tujuan dapat digunakan untuk pembuatan busana batik dan sebagai usaha baru yang cukup menjanjikan. Metode pelaksanaan melalui beberapa tahapan yakni dengan observasi mengenai tempat, kondisi masyarakat, kebutuhan apa saja, proses perijinan. Hal ini juga dilakukan tahapan pelakasanaan  terutama dalam proses pembuatan batik tulis dengan warna alam berbentuk teori dan praktik. Tahapan proses pembuatan batik dengan Pewarna Alam yakni : memordan kain, membuat pola, memola, membatik, mengekstrak perebusan bahan warna alam dan merendam pada larutan TRO kemudian diproses sesuai alur yang ada melalui prose pewarnaan pertama dan dilanjutkan dengan pewarnaan kedua. Pembuatan batik tulis dari pewarna alam untuk PKK dan karang Taruna semula dari belum bisa membatik pada akhirnya mampu membuat batik tulis dengan Pewarna Alam dengan hasil yang baik. Pengabdian Masyarakat ini diharapkan peserta dapat mengembangkan dan memproduksi dalam bentuk kain dan busana batik tulis dengan Pewarna Alam.

Kata kunci : motif batik tulis, Pewarna Alam, desa wisata

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v7i2.776

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License