Aktivitas Recepsionist Dalam Menangani Tamu Personal Di Ameera Boutique Hotel Yogyakarta

Fandi Saputro dan Emmita Devi Hari Putri

Sari


Ameera Boutique Hotel  adalah salah satu hotel yang ada di Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Dagen No 13 dan 15 Yogyakarta 55271 Indonesia. Hotel merupakan akomodasi yang menjual jasa pelayanan terhadap tamu yang ingin menginap di hotel tersebut.Departemen yang menangani tamu yang ingin menginap di hotel adalah departemen front office atau sering dikenal dengan reseptionis. Resepsionis adalah orang yang bertugas melayani tamu yang akan check in dan memprosesnya, sehingga memperoleh kamar sesuai yang diinginkan dengan cara yang menyenangkan serta menjalankan tugas lain yang berhubungan sesuai dengan job description. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode penelitian diskriptif kualitataif dimana penulis hanya menceritakan keadaan hotel yang menjadi tempat untuk melakukan penelitian.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang penanganan tamu personal yang ada di Hotel Ameera Boutique beserta tugas dan tanggung jawab seorang resepsionis.Proses pennganan tamu personal di Hotel Ameera Boutique masih menggunakan sistem operasional semi komputer, sehingga tidak menutup kemungkinan recepsionist untuk memberikan pelayanan yang baik dalam  melayani tamu personal di Ameera Boutique Hotel. Tugas dan tanggung jawab Tugas recepsionist dalam menangani tamu personal di Ameera Boutique Hotel adalah recepsionist memberikan kenyamanan dan pelayanan  yang baik bagi tamu personal dengan menonjolkan keramahtamahan recepsionist sehingga tamu merasa nyaman untuk tinggal di hotel.

Keywords  :  Receptionist, Ameera Boutique, Personal Guest

Teks Lengkap:

PDF (English)


Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2087-0086 (print), 2655-5433 (online)