ANALISIS WIRELESS LOCAL AREA NETWORK (WLAN) DAN PERANCANGAN MAC ADDRESS FILTERING MENGGUNAKAN MIKROTIK (STUDI KASUS PADA PT.GRAHA PRIMA SWARA JAKARTA)

Kurani Mega Asteroid, Yayan Hendrian

Abstract


ABSTRACT

PT. Graha Prima Swara has applied technology of WLAN in its company because of its superiority in probabilities and flexibilities to support company performances. In the computer network, ISP used is Maxindo with bandwith 7Mbps which is connected to routerboard mikrotik 750 as center control of network. Access point which functions as base station of WLAN with security system is used WPA2-PSK. There is security slot in WPA2-PSK namely internet accessibilty for undeserved users who are still in wireless signal range and knowing the password. By applying MAC Address Filtering to mikrotik, the administers can restrict users who are deserve to connect to the internet by registering MAC Address Client. Therefore, WLAN network at PT. Graha Prima Swara is able to work optimally, safely, and efficiently.

INTISARI

PT. Graha Prima Swara menerapkan teknologi WLAN (Wireless Local Area Network) pada kantornya karena keunggulannya dalam hal portabilitas dan fleksibilitas untuk mendukung kinerja perusahaan. Di dalam jaringan komputer tersebut, ISP yang digunakan adalah Maxindo dengan bandwidth 7Mbps yang terhubung pada routerboard mikrotik 750 sebagai pusat kontrol jaringan. Access point digunakan sebagai base station jaringan WLAN dengan sistem keamanan yang digunakan adalah WPA2-PSK. Terdapat celah keamanan pada WPA2-PSK  yaitu selama masih berada dalam jangkauan sinyal wireless dan mengetahui passwordnya, maka orang lain yang tidak berhak dapat mengakses internet. Dengan menggunakan MAC Address filtering pada mikrotik, admin dapat membatasi user yang berhak terkoneksi dengan cara mendaftarkan MAC Address client. Sehingga jaringan WLAN pada PT.Graha Prima Swara dapat bekerja optimal, aman dan efisien.

Keywords : WLAN , MAC Address Filtering



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v2i2.910

Copyright (c) 2017 Kurani Mega Asteroid, Yayan Hendrian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License