Pemanfaatan Metode Recursive Largest First Dalam Penyusunan Shift Kerja Karyawan Pada Rumah Sakit Royal Prima Medan

Marlince NK Nababan, Yonata Laia

Abstract


Penysusunan jadwal karywan merupakan salah satu komponen penting di setiap perusahaan yang memiliki karyawan yang dalam jumlah benyak.  Dimana pada Rumah Sakit Umum Roal Prima memiliki jumlah karyawan 600 orang dengan itulah karyawan yang bersangkutan mengalami kendalah dalam penyusunan jadwal karyawan. Berdasarkan data yang di dapatkan dari karyawan yang bersangkutan mengatakan penyususan penjadwalan kawayan dengan jaumlah 600 orang membutuhkan waktu 1 miggu. Pada penelitian menggunakan metode RLF dalam penysusunan penjadwawaln karyawan. Berdasarkan hasil yang di dapatkan dengan metode yang digunakan adalah pengerjaan penyusunan penjadwalan karyawan denga metode RLF lebih baik dari pada pekerjaan sebleummnya. Dimana pada metode yang sebelummnya harus menunggu waktu seminggu dalam pengerjaan penyusuanan penejadwalan karywan, dengan aplikasi memekau metode RLF ini dapat terselesaikan dalam 1 hari.


Keywords


Penjadwalan, RLF, Karyawan

Full Text:

PDF

References


Ulisna Ade Rifai, 2011 “Pengembangan sistem informasi penjadwalan kegiatan dengan menggunakan algoritma genetika”, Jakarta.

Nader Chmait, Khalil Challita,2013” Using Simulated Annealing and Ant-Colony Optimization Algorithms to Solve the Scheduling Problem”, Computer Science and Information Technology 1(3): 208-224, 2013.

Sadar Aman Gulo, 2014 “Perangkat Lunak Pengambilan Keputusan Dalam Penjadwalan Dengan Metode Recursive Largest First”, Pelita Informatika Budi Darma, Volume : ViI, Nomor: 3.

R.M.R. Lewis, “A Guide to Graph Colouring Algorithms and Applications”, Springer, 42-45

Murat Aslan, Nurdan Akhan Baykan,2016”A Performance Comparison of Graph Coloring Algorithm, International Conference on Advanced Technology & Sciences (ICAT’16).

Jenal, R, Ismail, WR, Yuen LC, Oughalime, A. 2011. A Cyclical Nurse Schedule Using Goal Programming. Universiti Kebangsaan Malaysia, Selangor, Malaysia.

Rinaldi Munir, Struktur Diskrit, 2008, Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.

K.R. Baker and D. Trietsch, Principles of sequencing and scheduling: John Wiley & Sons, 2013.

L.M. Firdaus, I. Masudin, and D. M. Utama, "Penjadwalan Flowshop Dengan Menggunakan Simulated Annealing," Spektrum Industri, vol. 13, 2015.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v6i1.6877

Copyright (c) 2020 Marlince NK Nababan, Yonata Laia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License