Implementasi Sistem Kontrol Kestabilan Suhu Penghangat Nasi Menggunakan Metode Fuzzy Logic Dengan Pengujian Pada Varietas Beras Unggul Sumatera Barat

Ratna Aisuwarya

Abstract


Rice cooker yang dijual di Indonesia dengan harga relatif murah umumnya belum dilengkapi pengaturan suhu pada saat memanaskan nasi. Pada saat memanaskan nasi, suhu yang dihasilkan relatif tidak sama untuk kuantitas nasi yang berbeda. Tidak adanya pengaturan suhu pada keadaan ini akan mempengaruhi kualitas nasi. Salah satu masalah yang timbul akibat tidak adanya pengaturan suhu pada rice cooker adalah tidak adanya perubahan suhu rice cooker saat kuantitas nasi berkurang. Hal ini menyebabkan kualitas nasi menjadi berkurang dan cepat kering, akibat suhu yang tetap tinggi. Pengujian telah dilakukan terhadap beberapa varietas beras unggul Sumatera Barat untuk melihat apakah tekstur dan sifat beras mempengaruhi kualitas nasi yang dihasilkan. Ditetapkan nilai 74°C sebagai set poin pada fuzzy logic untuk pengontrolan kestabilan suhu penghangat nasi. Hasil pengujian menunjukan rice cooker TP, tanpa pengontrolan fuzzy logic menghasilkan suhu yang cenderung naik seiring dengan berkurangnya massa nasi. Semakin kecil massa nasi, semakin besar nilai suhu yang dihasilkan selama memanaskan nasi. Hal ini menyebabkan nasi yang ada dalam rice cooker menjadi lebih cepat kering, karena kadar air nasi lebih cepat berkurang akibat suhu yang lebih tinggi. Rice cooker PF, yang menggunakan kontrol fuzzy logic menghasilkan suhu yang relatif stabil meskipun massa nasi telah berkurang, karena sistem akan mempertahankan suhu agar tetap berada sesuai set poin yaitu 74°C.

 

Kata Kunci : Suhu, Rice Cooker, Fuzzy Logic


Full Text:

PDF

References


S. Yang, X. Sun, C. Zhong, and Z. Su, “Research and Realization of the Cooking Process and Fuzzy Controller for the Rice Cooker *,” pp. 7869–7873, 2006.

Yusanto and D. Hadi, “Kontrol Temperatur Rice Cooker Berbasis Mikrokontroler AT Mega 16,” SKRIPSI Jur. Tek. Elektro - Fak. Tek. UM, vol. 0, no. 0, 2009.

K. Rajesh, D. R. Rao, and K. V. Reddy, “A Comprehensive Study on Making Food Using Rice Cooker with Fuzzy Logic Technique.”

H. M. I. U. Herath, J. A. Weliwita, S. Witharana, S. Lanka, and S. Lanka, “Effect of Moisture Content on Cooking Time of Rice,” no. October, 2016.

B. B. PPMB-TPH, “Koleksi Varietas Unggulan Provinsi Sumatera Barat,” 2016. .

I. Bambang Sujanarko, “PERAWATAN DAN PERBAIKAN PERALATAN LISTRIK RUMAH TANGGA YANG MENGGUNAKAN ELEMEN PANAS,” 2012.

D. Semiconductor Corp, “Programmable Resolution 1-Wire Digital Thermometer.”

DFRobot, “Waterproof DS18B20 Digital Temperature Sensor For Arduino - DFRobot.” .




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v4i1.2764

Copyright (c) 2018 Ratna Aisuwarya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License