System Penunjang Keputusan Pemilihan Tempat Wisata Lombok Menggunakan Metode Preference Rangking Organization For Enrichman Evaluation (PROMETHEE)

Eva Zuraidah, Linda Marlinda

Abstract


Pariwisata saat ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dengan memberikan informasi baik secara online ataupun offline bagi masyarakat sehingga pendapatan daerah meningkat. Lombok merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi wisata Lokal dan asing. Lombok berada di Nusa tenggara barat  yang memiliki banyak tempat wisata menarik yang terdiri dari wisata alam, festival kerajaan, wisata kuliner, pasar tradisional dan museum. Ada banyak kriteria yang harus diperhatikan, maka melalui system recommender ini, wisatawan dapat mengetahui wisata apa yang terdapat di lombok yang akan mereka kunjungi. Salah  satu masalah  pengambilan  keputusan  dengan banyak  kriteria  dan atribute  dalam  pemilihan   obyek   wisata adalah memberikan keputusan secara detail yang mengacu pada skala bobot yang dimiliki. Sistem  pendukung  keputusan  memberikan hasil berupa prioritas objek wisata  yang sesuai bagi setiap wisatawan. Berwisata  sangat penting karena dengan berwisata kita dapat menghilangkan penat akibat aktivitas  selama  seharian.  Pemilihan  obyek  wisata  yang  tepat  juga  berpengaruh dalam hal ini sehingga diperlukan pemilihan obyek wisata yang  tepat.Penelitian ini difokuskan pada penerapan multi attribute decision making (MADM) pada system penunjang keputusan (SPK) menggunakan Promethee. Ketika seseorang wisatawan mengisi kuesioner, ia harus konsisten dengan jawaban untuk mendapatkan output terbaik berdasarkan kemauan dan karateristiknya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif menyajikan ringkasan hasil survai dan wawancara dari wisatawan yang ingin memilih tempat wisata lombok sesuai dengan biaya, keamanan, keindahan alam, sarana dan prasana dan lokasi.

 

Kata Kunci: SPK, Wisata Lombok, Promthee, Berbasis Web

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Ainia, Linda.2017. Implementasi metode weight product pada aplikasi pendukung keputusan pemilihan tempat wisata di kabupaten bantul. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Jogyakarta. http : // eprints .akakom.ac.id/4909/

Marlinda, Linda. 2017. Sistem Recommender Program Studi FMIPA menggunakan metode preference rangkin organization for enrichment evaluation (promethee). UNJ

Marlinda, Linda. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempt Wisata Bali Menggunakan Metode ELimination Et Choix Traduisant La RealitA (ELECTRE)

Nugroho, Satrio. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Objek wisata di kabupaten grobogan menggunakan metode profile matching. Universitas Dian Nuswantoro.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v4i1.2600

ISSN2550-0120

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License