ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN TAJWID PADA TAMAN QUR'AN ANAK (TQA) AL WASHILAH CIREBON

Abdul Kholis, Herlawati .

Abstract


ewline"> Abstract — Media Limited cause children to become bored quickly,
thereby reducing the child’s interest in learning. With the
innovation and development of technology combined between text,
images, audio, music, animated images the support each other, can
cause a sense of fun and enthusiasm for learning. So the child’s
motivation for learning will increase and not saturated and is
expected to end up learning more. Animated interactive learning
tajwid of this method will be a great learning fun and easy for both
the teacher and the student. By learning more interactive,
instructor would always required to be creative and innovative in
seeking a breakthrough study.
Intisari Media pembelajaran yang terbatas menyebabkan
anak menjadi cepat bosan sehingga mengurangi ketertarikan
anak pada pelajaran. Dengan inovasi dan perkembangan
teknologi dipadukan antara text, gambar, audio, musik, animasi
gambar yang saling mendukung, mampu menimbulkan rasa
senang dan semangat dalam proses belajar. Sehingga motivasi
anak selama proses belajar akan bertambah dan tidak jenuh dan
dengan ini diharapkan tujuan pembelajaran menjadi lebih
maksimal. Animasi Interaktif Pembelajaran Tajwid ini akan
menjadi metode pembelajaran yang amat menyenangkan dan
memudahkan baik dari sisi pengajar ataupun siswa. Dengan
sistem pembelajaran yang lebih interaktif, pengajar akan selalu
dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mencari terobosan
pembelajaran.
Kata Kunci : Animasi Interaktif, Pembelajaran, Tajwid


Full Text:

PDF

References


Ardinsyah, Nurdin. Macromedia Flash Profesional 8 Sebuah Tutorial

Flash untuk Pemula. Diambil dari:

https://inteleccreativemedia.files.wordpress.com/2014/04/macromedia-flash-8-nurdin.pdf (19 September 2014). 2013.

Basri, Irma Yulia dan Muhammad Adri. Pemanfaatan Animasi

Multimedia pada Mata Kuliah Kimia Teknik untuk Peningkatan

Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Ikatan Kimia. ISSN: 2086-

Padang: Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan Vol. 4, No.3

September 2011: 64-76. 2011.

Ees. Membuat Animasi Kartun dengan Macromedia Flash 8. Jakarta:

D@TAKOM Lintas Buana. 2008.

Filyan, Ahmad. Belajar Praktis Ilmu Tajwid Qa’idah Bagaimana

Seharusnya Membaca AL Qur’an. Jakarta: Nur Ilmu. 2010.

Hanafi. Pelajaran Tajwid Praktis dan Lengkap. Jakarta: Bintang

Indonesia. 2013.

Jayan. Flash CS4 Untuk Orang Awam.Palembang: Maxikom. 2009.

Putra, Ilham Eka. Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui

Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Padang: Jurnal TEKNOIF

Vol. 1, No.2 Oktober 2013: 20-25. 2013.

Rizky, Soetam. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT.

Prestasi Pustakaraya. 2011.

Widhiyanto, Ferry dan Siska Iriani.. Media Pembelajaran Interaktif

Pengenalan Do’a Sehari-hari pada Sekolah Dasar (SDN) Kalikuning II

Kecamatan Tulakan. ISSN: 2301 -1136. Surakarta: Seruni FTI UNSA

Vol. 1, 2012: A10-A15. 2012.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v1i2.247

Copyright (c) 2015 Abdul Kholis, Herlawati .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License