PENGARUH ATRAKSI WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PRIMATA SCHMUTZER TAMAN MARGASATWA RAGUNAN JAKARTA

Ary Amzar Lesmana, Erlangga Brahmanto

Sari


ABSTRAK

Pusat Primata Schmutzer Taman Margasatwa Ragunan Jakarta merupakan tempat penampungan satwa-satwa yang sudah terlanjur menjadi korban karena telah diambil dari alam secara paksa dan dipelihara oleh manusia untuk kepuasan pribadinya, kemudian beralih fungsi menjadi tempat konservasi sekaligus menjadi daya tarik objek wisata. Atraksi wisata yang dimiliki Pusat Primata Schmutzer menjadi hal utama yang disajikan pengelola untuk para pengunjung. Kepuasan pengunjung di Pusat Primata Schmutzer bergantung kepada atraksi wisata yang disajikan oleh pihak pengelola Pusat Primata Schmutzer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh atraksi wisata yang dimiliki Pusat Primata Schmutzer terhadap kepuasan pengunjung yang berkunjung Pusat Primata Schmutzer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan cara penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer. Sedangkan sample yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh atraksi wisata terhadap kepuasan pengunjung sebesar 38,3%, sementara 61,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hal ini menujukan bahwa ada variabel atraksi wisata mempunyai pengaruh besar terhadap kepuasan pengunjung. Saran untuk pihak pengelola Pusat Primata Schmutzer yaitu agar memperhatikan masalah yang terjadi di Pusat Primata Schmutzer yaitu dari harga tiket, fasilitas dan kualitas atraksi wisata tersebut dan pihak pengelola harus mempunyai strategi baru bagaimana para pengunjung yang berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer merasa puas setelah berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer.

 Kata Kunci  : Atraksi Wisata, Kepuasan Pengunjung dan Taman Margasatwa.

 ABSTRACT

Schmutzer Primata Center Wildlife Park Ragunan Jakarta is animals shelter has already become victims has been taken from nature forcibly and reared by humans for personal satisfaction, then converted into a conservation become a tourist attraction. The tourist attraction is owned by Schmutzer Primata Center become the main thing that is served by manager for visitors. Visitor satisfaction at Schmutzer Primata Center depends on the tourist attraction who is served by manager of  Schmutzer Primata Center. The study using method descriptive with a quantitative approach by using questionnaire. Data analysis technique used is simple linear regression technique. Population in the study is visitors who visit Schmutzer Primata Center. Where are samples taken was 100 respondents. The result of the study showed that influence of tourist attraction on visitor satisfaction 38,3%, while 61,7% influenced by other factors are not examined. This shows that the variable of tourist attraction  has a major influence on visitor satisfaction. Advice to the manager of  Schmutzer Primata Center is to pay attention to problems that occur at Schmutzer Primata Center is the price of ticket, facilities and quality of the tourist attraction and  the manager should have a new strategy on how the visitors who visit Schmutzer Primata Center are satisfied after visiting.

 Keyword  :  Tourist attraction, Visitor satisfaction and Wildlife Park.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bagyono. (2012). Pariwisata dan Perhotelan. Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta.

Darmawan, Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan pertama. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Daryanto dan Setyobudi, Ismanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Hanoum Wahadi, Woro. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Manajemen Resort & Leisure Universitas pendidikan Indonesia.

Nalarrhlne, Nadla. (2014). Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Kota Bandung. Manajemen Resort & Leisure Universitas pendidikan Indonesia.

Narbuko, Cholid dan Ahmadi, Abu. (2012). Metodologi Penelitian. Cetakan Kedua Belas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ryan Nurfadzril, Muhammad. (2015). Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Kepuasan Berkunjung Di Nuart Sculpture Park Di Kota Bandung. Manajemen Resort & Leisure Universitas Pendidikan Indonesia.

Saladin, Djasmin. (2013). Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategik. Cetakan ke-2. Bandung: Agung Ilmu.

Sangadji, Mamang Etta, dan Sopiah. (2014). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Publisher.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan Ke-20. Bandung: Alfabeta.

SuharSaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Cetakan Kesatu. Bandung: Refika Aditama.

Sunyoto, Danang. (2013). Teori, Kuesioner & Analisis Data. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Taniredja, Tukiran dan Mustafidah, Hayati. (2012). Penelitian Kuantitatif. Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2006). Manajemen Jasa. Edisi pertama. Yogyakarta: Andi.

Warpani, Suwardjoko P. dan Warpani Indira P. (2007). Pariwisata Dalam Tata Ruang Wilayah. Bandung: ITB.

Yoeti, Oka. A. (2012). Pengantar Ilmu Pariwisata. Edisi Revisi. Bandung: CV. Angkasa.

Yoeti, Oka. A. (2013). Pemasaran Pariwisata. Edisi Revisi. Bandung: CV. Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v2i2.926

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License