ANALISIS OUTPUT KEY PERFORMANCE INDICATOR MENGGUNAKAN BALANCE SCORECARD DI ARYADUTA BANDUNG

Putri Indah, Sopa Martina

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan perspektif Balance ScoreCard dalam  menterjemahkan visi, misi ke dalam strategi Aryaduta Bandung;  upaya yang dilakukan Aryaduta Bandung untuk meningkatkan kinerja berdasarkan implementasi strategi hasil perspektif Balance ScoreCard. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena menggunakan Balance Scorecard sebagai alat implementasi strategis dalam upaya meningkatkan kinerja di Aryaduta Bandung. Penelitian deskriptif kualitatif dipilih agar diperoleh suatu hasil yang lebih mendekati kenyataan. Hasil penelitian adalah  penyusunan kerangka Balance ScoreCard dapat membantu dalam menterjemahkan visi dan misi ke dalam tujuan, tolok ukur, target, dan inisiatif strategis ;  penerapan Balance ScoreCard di Aryaduta Bandung  dilakukan dengan menganalisis visi, misi dan tujuan strategis Aryaduta Bandung  yang kemudian dijabarkan ke dalam ukuran strategis, target dan inisiatif strategis. Hal ini diharapkan akan memberikan langkah-langkah berupa program kerja yang dapat meningkatkan kinerja karyawan di Aryaduta Bandung secara menyeluruh dalam mencapai visi, misi dan tujuan strategis Aryaduta Bandung

Kata kunci : Balance ScoreCard, Implementasi Strategi, Kinerja Aryaduta Bandung

Kata Kunci


Balance ScoreCard, Implementasi Strategi, Kinerja Aryaduta Bandung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusli, D., & Kunto, S. (2013). Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–8.

Anto, A. G., Mustafidah, H., & Suyadi, A. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW ( Simple Additive Weighting ). Juita, III(November), 193–200.

Hansen, D. d. (2006). Akuntansi Manajemen 1. Salemba Empat. Jakarta: Terjemahan, Edisi Ketujuh.

Hariyanto, O. I. B. (2017). Membangun Karakter Sadar Wisata Masyarakat Di Destinasi Melalui Kearifan Lokal Sunda. Jurnal Pariwisata, IV(1), 33–40. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/1830

Kartika Tune, A. J. (2013). Perancangan balanced scorecard Pada PT Samchem Prasandha. Manajemen Akuntansi Vol .18.

Kasus, S., Industri, J. T., Teknik, F., & Andalas, U. (2012). Pemeliharaan Lampu Jalan Berdasarkan Key Performance Indicators ( Kpi ’ S ), 225–234.

Martina, S., & Syarifuddin, D. (2014). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan terhadap Motivasi Dampaknya Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di Lokawisata Baturraden. Jurnal Pariwisata, I(1), 28–34.

Mangkunegara, A. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2007). Balanced Scorecard: Alat manajemen kontemporer untuk pelipatgandaan kinerja keuangan perusahaan. Salemba Empat, Jakarta: Edisi Kelima.

Rangkuti, F. (2011). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktinya. Jakarta: Bumi Aksara

Wayan, M. N. 2007. (2007). Pengelolaan SDM untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif Ni Wayan Mujiati Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Jurnal Universitas Udayana, 1–12.




DOI: https://doi.org/10.31311/par.v4i2.5289