Evaluasi Dampak Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal

Faizal Hamzah, Hary Hermawan, Wigati Wigati

Sari


Candi Borobudur yang merupakan salah satu destinasi besar di Indonesia serta menjadi salah satu destinasi stategis dalam road map pengembangan pariwisata Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui dampak perkembangan pariwisata Candi Borobudur terhadap masyarakat lokal Desa Borobudur. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang dilakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa walaupun potensi peluang kerja dan berusaha semakin meningkat, namun pada kenyataanya masyarakat Desa Borobudur masih belum cukup sejahtera, dikarenakan masih ada sebagian masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Perkembangan Taman Wisata Candi Borobudur memberikan dampak bagi kehidupan sosial masyarakat lokal sekitar. Dampak sosial yang positif diakibatkan dari perkembangan Destinasi Wisata Candi Borobudur adalah tingkat pendidikan yang semakin baik, terbukanya lapangan pekerjaan di sekitar kawasan wisata, meningkatnya kesempatan berusaha. Sedangkan dampak negatif pariwisata terhadap kehidupan sosial masyarakat adalah, adanya alih profesi masyarakat dari bertani menjadi pekerja taman wisata dan berdagang menghilangkan kearifan lokal masyarakat, perubahan pola hidup masyarakat yang mulai mengikuti trend ataupun wisatawan asing, kepadatan kehidupan sosial masyarakat pedagang menjadi semakin banyak dan padat, dan tingkat keamanan menurun.


Kata Kunci


Destinasi Wisata, Wisata Candi, Kesejahteraan Masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brahmanto, E., Hermawan, H., & Hamzah, F. (2017). Strategi Pengembangan Kampung Batu Malakasari sebagai Daya Tarik Wisata Minat Khusus. Wahana Informasi Pariwisata : Media Wisata, 15(2).

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. (A. Fawaid & Rianayati Kusmini Pancasari, Eds.) (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi, S. (2016). Metodologi Riset (2015th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hermawan, H. (2016a). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 3(2), 105–117. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp

Hermawan, H. (2016b). Dampak Pengembangan Desa Wisatanglanggeran Terhadap Sosial Budaya Masyarakat Lokal. In Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Komputer (SNIPTEK) Nusa Mandiri (pp. 426–435). Bandung Indonesia: SNIPTEK 2016. Retrieved from http://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/sniptek/issue/view/1%0A

Lovelock, C. (2011). Services Marketing, 7/e. Pearson Education India.

Moleong, L. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pitana, I. G., & Gayatri, P. G. (2005). Sosiologi pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pitana, I. G., & Putu, G. (2009). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.31311/par.v5i3.4434